Selasa, 06 November 2018

Tips Hemat Ganti Saringan Udara Honda Vario 110/125/150 dengan Busa Grand

Tags

Tips hemat ganti saringan udara vario - Saringan udara memiliki fungsi penting pada sebuah sepeda motor khususnya motor matic. Sebab, jika sampai saringan udara kotor, akan membuat berat kerja mesin, karena udara yang di hisap terhalang oleh kotoran sehingga boros bahan bakar.

Solusi terbaik adalah mengganti saringan udara dengan yang baru, tapi tidak semua orang memiliki budget untuk membeli barang tersebut, karena harganya yang lumayan mahal.

Tips hemat ganti saringan udara vario dengan grand

Bagi sobat yang memiliki motor matic Honda Vario dan yang sejenis, saringan udara dari motor tersebut terbuat dari kertas karbon yang dapat menyerap partikel debu bahkan dalam ukuran kecil sekalipun.

Jenis saringan udara motor matic ini, tidak bisa dibersihkan dan harus diganti ketika sudah mencapai 16.000 kilometer menurut buku pedoman atau ketika sudah kotor dan kehilangan daya tarik.

Pada kesempatan kali ini, admin ingin berbagi tips cara hemat ganti saringan udara motor matic Honda Vario, agar bisa terus digunakan kembali sehingga tidak membuat kantong bolong.

Saringan yang akan admin gunakan memakai jenis saringan Honda Grand yang menggunakan bahan spon/busa. Jenis saringan tersebut, bisa berulang kali di cuci dan dibersihkan. Bagaimana cara membuatnya, yuk simak dibawah ini.

Tips hemat ganti saringan udara Honda Vario


Alat yang dibutuhkan:
  • Obeng
  • Cutter/gunting
  • Kawat tembaga atau sejenis
  • Saringan udara Honda Grand

Caranya sebagai berikut:
  • Pertama tama, sobat harus membeli terlebih dahulu saringan udara Honda Grand yang original. Kemudian buka tutup saringan motor matic menggunakan obeng kembang.
  • Buka juga saringan udara bawaan motor yang terbuat dari kertas, lalu ukur dan pas kan dengan saringan busa motor Grand.
  • Potong menggunakan cutter, saringan udara kertas. Kemudian pasang saringan busa.
  • Jika ingin lebih kuat lagi, gunakan kawat untuk menjaga saringan busa tetap ditempat nya.
  • Pasang tutup saringan udara motor Honda Vario, lalu coba rasakan sendiri (test drive).
  • Selesai
Tips
Saringan udara busa, harua dibersihkan ketika sudah kotor minimal 3-4 bulan sekali. Gunakan bensin dalam baskom lalu remas busa dan biarkan kering sendiri.

Lapisi busa saringan udara dengan oli baru secara tipis saja, untuk menangkap partikel debu agar tidak masuk.

Bagaimana mudah bukan, admin sudah melakukan cara ini untuk menghemat pengeluaran dalam hal saringan udara. Oh iya, kotor dan tidaknya saringan udara, juga tergantung dengan letak daerah tempat tinggal.

Jika pada daerah banyak pabrik yang tingkat polusi udara tinggi, saringan udara harus dibersihkan minimal 1-2 bulan sekali.

Semoga tips kali ini bisa bermanfaat, selamat mencoba.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon