Kamis, 08 November 2018

Cara Mengakali Saringan Udara Motor Matic Injeksi dengan Masker

Tags

Setelah sebelumnya admin membahas tentang mengganti saringan udara skutic vario dengan busa agar lebih hemat, kali ini admin juga akan mengulas tentang hal serupa namun memakai alat yang bisa ditemukan dan mudah di beli, yaitu masker.

Saringan udara skutic injeksi, sering diabaikan para pengendara sehingga dampak sangat terasa pada tarikan gas yang mulai berat.

Awalnya memang tidak terasa karena bagi orang awam, kendala tarikan berat pasti berkaitan dengan mesin dan juga oli yang digunakan. Hal tersebut ada benarnya juga, tapi jika oli baru sebulan ganti dan ternyata tarikan masih berat, patut dipertanyakan ada apa pada skutic tersebut.

Cara mengakali saringan udara matic injeksi dengan masker

Seperti kejadian yang baru dialami oleh teman pengendara ojek online yang mengalami masalah tarikan berat, padahal oli yang digunakan baru sebulan di ganti. Tahu sendiri kan, bagaimana wara wiri nya pengendara ojol ketika sedang sibuk, tentu sudah puluhan bahkan ribuan kilometer jarak yang ditempuh skutic nya.

Ketika bertanya ke teman seorang montir, maka dijelaskan bahwa kendala tersebut berasal dari saringan udara yang kotor dan sudah waktunya harus diganti. Tanpa banyak basa basi, akhirnya proses pembongkaran saringan udara dilakukan dan dugaan montir benar, saringan udara sudah kotor dengan debu.

Mau tidak mau harus beli baru, karena tipe saringan matik injeksi terbuat dari kertas karbon khusus sehingga tidak bisa dibersihkan.

Waduh... Lagi gak punya uang nih, seloroh teman ojol yang kelihatan bingung karena lagi sepi order alias nggak gacor. Sejurus kemudian admin sarankan untuk mengganti dengan busa motor Grand agar lebih hemat, akhirnya disetujui dan motor bisa diajak ngojek lagi dengan enak.

Bagi sobat yang ingin tahu caranya, bisa lihat disini Tips hemat ganti saringan udara Honda Vario dengan busa grand

Selain cara diatas, sobat juga bisa menggunakan cara yang sedikit inovatif dibawah ini. Namun dengan catatan bahwa saringan udara belum terlalu kotor atau belum mencapai batas yang tertera pada buku panduan berkendara, yaitu 16.000 kilometer.

Cara mengakali saringan udara motor matic dengan masker


Siapkan alat dan bahan yang diperlukan dibawah ini.
  • Masker baru
  • Gunting/cutter
  • Isolasi kertas
  • Obeng plus

Caranya:
  • Gunting masker pada sisi sisinya, maka akan terlihat masker punya 3 lapisan, bagian depan, tengah dan belakang. Kemudian ambil bagian depan atau belakang, kenapa harus bagian tersebut karena tidak terlalu tebal.
  • Buka saringan udara skutic dengan obeng sampai terlihat dengan jelas bagaimana tampilan saringan udara tersebut.
  • Letakan masker dibagian muka saringan udara lalu gunakan isolasi kertas untuk mengikatnya sampai terlihat cukup rapih.
  • Setelah selesai dan rapih, tutup kembali saringan udara dengan obeng.
  • Selesai.

Perlu diingat sobat, jika menggunakan bagian tengah masker yang tebal ditakutkan akan membuat hisapan udara tersendat dan kurang maksimal. Sedangkan bagian depan atau belakang, cukup tipis untuk menyaring debu serta kotoran yang terbawa udara.

Jika daerah tempat tinggal sobat berdebu dan berpolusi tinggi, maka dalam satu bulan masker akan kotor dan harus di ganti dengan yang baru.

Berbeda dengan daerah dengan tingkat polusi rendah, maka pergantian masker pada saringan udara skutic bisa mencapai 3-5 bulan sekali.

Laju kendaraan juga ikut berpengaruh dalam menentukan kotor dan tidaknya saringan udara skutic. Jika motor sering digunakan, maka mau tidak mau saringan udara juga bisa lebih cepat kotor.

Menjaga kendaraan bermotor agar bisa digunakan merupakan tanggung jawab pengendara, agar tidak rewel.

This Is The Newest Post

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon