Senin, 08 Oktober 2018

Cara Memilih Mesin Jet Pump yang Ideal dan Tepat

Memilih mesin pompa air untuk kebutuhan rumah tangga, harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah tempat tinggal. Sebab jika salah memilih, dapat dipastikan air tanah akan keluar sedikit dan kemungkinan besar tidak keluar air sama sekali.

Setiap mesin pompa air, memiliki daya hisap yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis tanah, komponen mesin yang digunakan dan faktor keuangan seseorang.

Cara memilih mesin pompa air ideal dan tepat

Sebagai contoh rumah tangga yang tinggal di daerah dataran rendah, sudah otomatis menggunakan jenis mesin pompa standart yang memiliki daya hisap maksimal 9 meter.

Lain hal dengan rumah tangga yang di dataran tinggi, pasti menggunakan mesin pompa air jet pump dengan daya hisap maksimal sampai 20 meter.

Sepengetahuan admin, mesin pompa air terbagi menjadi 3 jenis.

  1. Mesin pompa air standart
  2. Mesin pompa air semi jet pump
  3. Mesin pompa air jet pump

Jenis mesin pompa air


1. Mesin pompa standart
Jenis mesin pompa yang satu ini, banyak dipakai oleh tempat tinggal yang memiliki sumber mata air rendah.

Maksimal daya hisap sampai 9 meter dengan daya listrik kurang lebih 150 watt, mesin ini cocok untuk anda yang ingin mendapatkan air tanah yang bersih, sekaligus bisa juga untuk mata air sumur timba.

Semburan air dari mesin ini cukup kuat, namun terkadang ada jeda pada setiap hisapan.

Harga mesin pompa air standart, berkisar di 400-600 ribuan dengan beragam jenis merk yang bisa anda pilih dan ukuran pipa paralon yang digunakan 1/2.

2. Mesin pompa semi jet pump
Memiliki daya hisap maksimal sampai 13-15 meter, mesin semi jet pump cukup bisa diandalkan untuk menghisap air tanah pada dataran rendah sampai tinggi.

Menggunakan jenis mesin pompa air ini, bisa untuk rumah tingkat dan air pun bisa mengalir sampai lantai atas walaupun tidak sekuat di lantai bawah.

Masalah harga, mesin semi jet pump bisa dimiliki dengan uang 800 ribu sampai 1.200 dengan berbagai merk yang bisa di pilih.

3. Mesin pompa jet pump
Berbicara jet pump, anda pasti sudah banyak mengetahui tentang kelebihan mesin pompa air ini. Dengan daya hisap maksimal sampai 20-21 meter, jet pump mampu menyedot air tanah dengan cepat tanpa adanya jeda pada setiap hisapan nya.

Cocok digunakan pada tempat tinggal yang sulit mendapatkan air bersih, karena faktor geografis yang tidak mendukung.

Jet pump bisa menggunakan pipa paralon 1/4 dan bisa juga menggunakan pipa paralon 1/2 untuk instalasi plumbing.

Harga mesin ini berkisar di antara 1.500.000 - 2.500.000 dengan varian jenis merk dan ada juga yeng menggunakan tabung.
Tips
Penggunaan mesin pompa air, tergantung dengan sumber mata air di daerah tempat tinggal. Terkadang di dataran rendah sulit mendapatkan air jernih dan banyak yang menggunakan jenis mesin jet pump.

Begitu juga sebaliknya, dataran tinggi juga bisa menggunakan mesin pompa air standart dan semi jet pump, jika sumber mata air jernih sangat dekat.

Ketika anda berniat membuat sumur bor, pastikan untuk mencapai kedalam yang sesuai dan terdapat kandungan pasir. Sebab pada bagian tanah pasir, air bisa sangat jernih.

Pada umumnya, pada kedalaman 9-12 meter, air sudah keluar dari dalam tanah dan masih memiliki warna coklat. Teruskan mengebor sumur hingga mencapai maksimal kedalaman yang sesuai jenis pompa air anda, agar tidak mudah kering.

Pada musim kemarau, sumber mata air otomatis akan menyusut dan jika kemarau berlangsung lama, anda harus memperdalam sumur bor agar bisa tetap mendapatkan air bersih.

Ada mitos yang menyebar di kalangan tukang ledeng/pompa yang mengatakan bahwa jika mengebor sumur pada musim kemarau dan keluar air, maka ketika musim kemarau selanjutnya tidak akan kering. Namun jika mengebor sumur jet pump pada musim hujan, maka musim kemarau akan kering.

Hmmm.. masuk akal sih, sebab musim kemarau saja keluar air, apalagi musim hujan.

Tapi, sekali lagi admin tegaskan jika mengebor sumur mencapai ke dalaman yang sesuai, maka anda tidak perlu khawatir akan kekeringan. Kecuali jika seluruh tetangga anda kekeringan, maka sudah otomatis sumur anda juga kering.

Itulah postingan kali ini tentang memilih jenis mesin pompa air yang ideal dan tepat, agar anda tidak keliru dalam membelinya.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon