Senin, 17 September 2018

Penyebab Mesin Pompa Air Mati di Musim Kemarau dan Solusinya

Mesin pompa air bisa saja mendadak tidak berfungsi normal, ketika masuk musim kemarau. Hal tersebut, biasanya disebabkan beberapa faktor dan mungkin pembaca juga pernah mengalaminya.

Terkadang masalah pompa air memang bikin kesal, sebab ketika ingin digunakan mendadak keluar air sesikit dan paling parah tidak keluar air sama sekali.

Penyebab mesin pompa air mati musim kemarau dan solusinya

Biasanya, masalah paling sering timbul pada mesin pompa air saat musim kemarau adalah susahnya air naik kepermukaan karena sebab ketinggian mata air dari dalam lubang sumur bor menyusut yang disebabkan kemarau atau musim kering.

Jika sudah terjadi demikian apa boleh buat, mau tidak mau pemilik harus mengeluarkan uang untuk memperdalam lubang sumur bor.

Namun terkadang bukan hanya masalah kemarau yang menyebabkan mesin pompa air tidak bisa bekerja maksimal. Beberapa penjelasan di bawah bisa menjadi rujukan dalam memprediksi masalh yang terjadi pada mesin pompa air.

Penyebab mesin pompa air mati di musim kemarau


1. Mata air kering/menyusut
Musim kemarau yang tak kunjung selesai, menjadi kendala utama beberapa mata air menjadi kering atau menyusut. 

Jika sudah demikian, pemilik mesin pompa air harus memperdalam lagi lubang sumur bor, agar air bisa keluar.

2. Karena pipa tersumbat
Musim kemarau bisa menyebabkan pipa air bagian bawah yang merupakan bagian penting untuk menghisap air tersumbat karena kotoran.

Hal tersebut disebabkan karena ketika air tersedot lumpur tanah ikut juga tersedot. Musim kemarau yang berimbas pada surut nya mata air, memaksa mesin pompa untuk menyedot air walaupun tinggi mata air tidak maksimal, sehingga lumpur ikut tersedot pula.

Solusinya, anda bisa menggoyang goyangkan pipa beberapa kali saat mesin pompa air mati, kemudian coba hidupkan lagi.

Cara kedua dengan mengangkat pipa seluruhnya, lalu beraihkan bagian bawah pipa dari lumpur yang menempel.

3. Dinamo mesin pompa mati
Surutnya mata air pada musim kemarau, membuat kinerja mesin pompa semakin berat. Jika sudah demikian dinamo juga rentan rusak, bahkan cepat mati karena dipaksa kerja berat.

Solusinya, coba putar kipas beberapa kali, kemudian hidupkan. Jika tetap mati, maka dinamo sudah tidak berfungsi.

4. Klep rusak
Jika anda mengecek semua dalam keadaan normal, yaitu dinamo berfungsi, mata air ada, pipa tidak tersumbat, namun air tidak keluar maksimal, maka bisa jadi karena klep sudah aus.

Klep itu sendiri berfungsi sebagai penyeimbang fungsi sedot pompa air, jika klep rusak maka air tidak tersedot banyak.

Solusinya, coba ganti klep dengan yang baru dan lihat hasilnya.
Dari 4 kendala mesin pompa air mati saat musim kemarau diatas, bisa anda simpulkan sendiri mana yang ada dalam mesin pompa anda.

Admin sarankan untuk mengecek satu persatu sebelum memutuskan memanggil jasa tukang servis pompa air, agar bisa menghemat pengeluaran. Semoga bisa bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon