Selasa, 25 September 2018

Cara Mengatasi Mesin Pompa Air (Jet Pump) Masuk Angin

Menangani permasalahan mesin pompa air masuk angin (lost suction), terkadang membutuhkan sedikit keahlian dalam melakukannya. Tapi tidak semua masalah jet pump sulit dibetulkan, hanya saja perlu sedikit teknik dan pengetahuan.

Sesuai judul diatas, admin akan mengulas tentang masalah mesin pompa air masuk angin atau tidak bisa menyedot air dari dalam sumur bor.

Cara mengatasi jet pump tidak keluar air

Mesin pompa air dengan berbagai merk seperti mesin pompa shimizu, mesin pompa panasonic, mesin pompa sanyo dan lain sebagainya bisa mengalami lost suction atau masuk angin.

Tanda atau ciri paling utama dari masalah ini, terlihat dari suara mesin pompa yang normal namun sama sekali tidak mengeluarkan air padahal kran air sudah dibuka penuh.

Masuknya angin pada pipa paralon bisa menyebabkan daya hisap pompa air tidak maksimal, sehingga air tidak naik kepermukaan atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Hal ini biasa terjadi pada sebuah pipa paralon yang bocor di tengah atau pengurangan mata air dalam tanah, akibat musim kemarau panjang.

Kalau sudah demikian, mau tidak mau sobat harus mengurus masalah ini karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berakibat mesin pompa jebol alias rusak. Bagaimana tidak rusak coba, mesin menyala tapi air tidak keluar, lama-kelamaan dinamo mesin terbakar karena panas.

Baca juga: Cara setting alat otomatis mesin pompa air segala merk


Cara mengatasi mesin pompa air masuk angin


Untuk mengatasi masalah ini, ada dua hal yang harus sobat fahami terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

1. Perhatikan struktur sambungan pipa paralon

Keahlian plumbing atau lebih dikenal pompa mekanik pada sambungan pipa paralon mesin pompa air, harus selalu diutamakan. Jangan sampai sobat salah dalam memasang dan menyambung pipa paralon yang mengarah ke sumur bor, agar tidak terjadi lost suction atau masuk angin.

Pemasangan pipa paralon yang tepat pada mesin jet pump, adalah tidak menggunakan siku ditengah yang mengarah pada mata air (lihat gambar ilustrasi).


Cukup pemasangan pipa paralon sejajar tanpa adanya siku penghambat agar aliran air bisa maksimal dan normal.

Jika pemasangan pipa paralon mesin pompa jet pump sudah benar, berarti masalah ada pada poin kedua yang akan admin uraikan dibawah ini.

2. Keluarkan angin dalam pipa paralon

Angin dalam pipa paralon, biasa berbentuk gelembung gelembung udara pada air. Jika sudah ada angin masuk, tentu penghisapan mesin pompa tidak maksimal.

Berbagai solusi sudah admin coba, dari mulai mematikan mesin pompa sampai bongkar mesin. Alhasil masih sama saja penyakit mesin pompa masuk angin.

Selanjutnya admin coba untuk melihat bagian pipa yang mengarah pada sumur bor, lalu mematikan mesin dan membongkar instalasi pipa paralon.

Setelah di bongkar, otomatis air akan terlihat dan coba untuk memancing air keluar dengan cara menaikkan dan menurunkan pipa dengan cepat, sambil di tutup dan di buka paka telapak tangan. Jika air keluar dengan normal, biarkan air habis dengan sendirinya.

Kemudian pasang kembali pipa paralon dengan benar dan biarkan selama 1 jam agar lem cepat kering.

Kemudian nyalakan mesin pompa air dan lihat hasilnya, jika air sudah keluar itu tandanya mesin sudah terbebas dari penyakit masuk angin. Namun jika masih saja belum keluar, kemungkinan ada masalah pada klep hisap mesin pompa.

Itu saja postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang mengalami masalah mesin pompa air masuk angin.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon