Senin, 27 Agustus 2018

Mesin Pompa Air tidak Keluar Air padahal Air Sumur Banyak Ini Solusinya

Memiliki mesin pompa air yang menggunakan sumur sebagai sumber air, memang sangat menguntungkan dari segi pemasangan. Sebab tidak perlu mengebor tanah untuk mencari mata air, cukup pasang pipa paralon sampai dasar sumur kemudian sambung ke mesin pompa air, dengan demikian air langsung bisa dinikmati dan digunakan.

Dari segi perawatan, jenis mesin pompa yang menggunakan sumur sebagai sumber air cukup mudah, sobat tinggal memperhatikan saja permukaan air sumur. Apabila semakin surut (musim kemarau), tinggal turunkan posisi mesin pompa air dan apabila banyak (musim hujan) tidak perlu mengangkat mesin pompa.

Pompa air tidak keluar air sumur

Dari beberapa komentar yang masuk dalam blog ini dengan label mesim pompa air, ada yang menanyakan perihal sebagai berikut:

" Mesin pompa air saya berhenti mengeluarkan air, ketika dinyalakan berjalan normal namun beberapa saat tidak lagi mengeluarkan air. Padahal, air sumur masih banyak. Apa solusinya?"

Dari pertanyaan tersebut, ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada mesin pompa air dan akan admin uraikan dengan beberapa tips dibawah ini.

1. Kipas mesin pompa tidak berputar lancar

Jika mesin pompa pada saat start berjalan normal kemudian air keluar seperti biasa, lalu beberapa saat mandek, kemungkinan karena kipas tidak berputar maksimal.

Hal ini disebabkan karena karat yang ada di rotor kipas dan karena mesin jarang digunakan.

Solusi:
Coba buka penutup kipas, lalu putar beberapa kali searah jarum jam dalam keadaan mesin pompa mati. Lalu coba nyalakan mesin pompa dan lihat apakah kipas berjalan normal, jika sudah dipastikan normal, tutup kembali penutup kipas.

Jika sampai tahap ini masih belum keluar air juga, maka kita melangkah ke tips selanjutnya.

2. Klep sudah rusak
Bagian klep pada mesin pompa air, merupakan bagian penting sebab jika sampai rusak, maka penghisapan tidak maksimal dan air tidak keluar sebagai mana mestinya.

Periksa klep dengan cara memotong pipa yang menuju sumber air, kemudian gunakan telapak tangan dan rasakan sendiri apakah penyedotan masih kuat atau tidak.

Solusi:
Buka bagian mesin dan ganti klep yang rusak dengan yang baru agar penghisapan menjadi maksimal.

3. Pipa tersumbat lumpur
Mesin pompa air yang menggunakan sumur sebagai mata airnya, sangat bisa menjadi tersumbat karena kotoran atau lumpur.

Jika mesin pompa tidak mengalami kipas rusak atau klep rusak, maka kemungkinan besar lubang pipa tersumbat. Apalagi pemasangan mesin pompa sekarang banyak yang tidak menggunakan saringan di bagian pipa, maka resiko pipa tersumbat semakin besar.

Solusi:
Coba goyang-goyangkan pipa paralon yang menuju sumur dengan cara di angkat angkat selama beberapa menit, kemudian nyalakan mesin pompa air.

Dengan cara di angkat-angkat lumpur yang menyumbat akan lepas dan air bisa tersedot dengan normal.

Beberapa tips diatas sudah admin lakukan dan hasilnya bisa membuat mesin pompa air kembali normal dan bisa mengeluarkan air.

Semoga postingan diatas bisa bermanfaat, khusunya bagi sobat yang mengalami mesin pompa air tidak keluar air padahal air sumur banyak.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon