Kamis, 16 Agustus 2018

Cara Merawat Pandan Nanas Harian Mingguan Bulanan Tahunan

Memiliki sebuah batu akik pandan nanas seperti gambar dibawah ini, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi hobi akik. Sebab, jarang sekali di temui batu pandan dengan kualitas bagus seperti contoh gambar dibawah.

Pandan nanas, identik dengan warna kuning ke merah-merahan dengan serat sisik seperti garis yang melintang di semua permukaan batu. Walaupun dunia akik tidak seramai dulu, namun pecinta akik pandan nanas tidak pernah surut.

Cara merawat akik pandan nanas harian mingguan bulanan tahunan

Dalam membuat akik pandan nanas menjadi bagus, banyak hal bisa dilakukan oleh pemilik batu akik tersebut. Mulai dari teknik rendam, teknik gosok sampai teknik oles bisa dilakukan asalkan sabar dalam melakukan perawatan.

Untuk perawatan simpel harian, admin punya sedikit resep bagi pemilik batu akik pandan nanas agar batu tersebut tetap terawat serta terjaga kilau dan warnanya.

Seperti kita tahu, pandan nanas sangat dominan warna kuning sehingga jika warna kuningnya hilang tidak bisa dikatakan pandan nanas.

Teknik perawatan batu pandan nanas


Harian
Jika sobat memilih teknik perawatan harian, maka satu hal yang harus diingat bahwa harus dilakukan terus agar hasil bisa terlihat dan maksimal.

Caranya bisa menggunakan kulit kemudian gosok pandan nanas selama 5-10 menit setiap hari. Dengan begitu, warna akan keluar serta kilau tetap terjaga dengan baik.

Mingguan
Cara merawat pandan nanas selanjutnya adalah setiap satu minggu sekali. Cara ini biasa dilakukan para pedagang yang memiliki koleksi batu akik pandan dan ingin terus merawatnya.

Caranya bisa menggunakan minyak dan admin biasa menggunakan minyak zaitun dengan kadar sedang sampai tinggi.

Oleskan minyak zaitun dipermukaan pandan nanas setiap seminggu sekali kemudian diamkan beberapa saat, kalau admin biasa lakukan oles pagi sampai malam kemudian bersihkan dengan tisu.

Bulanan
Cara merawat pandan nanas bulanan bersifat membersihkan permukaan batu dan bagian dalam serta serat yang ada. Jenis perawatan ini menggunakan metode air rendam yang bersifat alami serta membersihkan.

Caranya bisa menggunakan air mineral atau air dengan kadar oksigen tinggi seperti oxy atau sejenisnya.

Rendam pandan nanas selama 3 hari dengan air, kemudian angkat dan keringkan menggunakan tisu atau lap bersih.

Tahunan
Cara merawat pandan nanas secara tahunan hanya untuk batu yang sudah jadi dan bagus. Sebab cara ini hanya untuk menjaga kilau batu pandan agar terlihat berair dan kinclong.

Gunakan kertas dan serbuk intan, kemudian gosok permukaan pandan secara merata sehingga kilau tetap terjaga.

Kertas dan serbuk intan bisa dengan mudah sobat beli di toko batu akik yang banyak tersebar di wilayah Indonesia.

Semoga ulasan singkat dari goresan pemikiran admin, bisa bermanfaat dan salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon