Rabu, 21 Februari 2018

6 Tips agar Motor Matic Injeksi Lebih Irit

Tags

Memiliki motor matic dengan sistem injection/injeksi bukan semata-mata karena mengikuti jaman, tapi para pengendara menginginkan lebih, yaitu irit bahan bakar. Tapi pada kenyataannya, banyak ditemui sebuah motor matic injeksi tidak bisa irit dan malah boros bahan bakar. Apa yang terjadi, mungkin ulasan dibawah ini bisa berguna.

Motor matic injeksi memang bisa membuat pengeluaran lebih hemat dari segi pengisian bahan bakar. Sistem yang sudah di uji coba selama bertahun tahun ini, mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik lagi, bagi pengguna motor matic.

tips membuat motor matic injeksi irit

Banyak pengendara akhir nya memutuskan untuk membeli motor matic injeksi dan melepas motor dengan sistem karburator, karena tertarik dengan segala kelebihan yang diunggulkan, termasuk hemat bahan bakar.

Tapi, timbul masalah baru. Tidak sedikit pengendara yang mengeluh boros nya bahan bakar, setelah menggunakan motor matic injeksi.

Lalu apa masalah nya, apakah kelebihan yang ditawarkan motor tersebut hanya buaian belaka, atau memang pengendara yang tidak tahu cara merawat motor matic injeksi agar irit.

Nah, ketimbang mengeluhkan tentang masalah diatas, sebaiknya pelajari dahulu bagaimana merawat motor injeksi agar bisa lebih irit dengan membaca ulasan dibawah ini.

Cara membuat motor matic injeksi lebih irit


Motor matic injeksi, menggunakan banyak Gear yang membantu mesin bergerak lebih leluasa. Gear tersebut memiliki jumlah yang lumayan banyak dan berfungsi secara otomatis tanpa harus mengganti perseneling secara manual.

Setiap masing-masing Gear, memiliki fungsi mengatur ritme kecepatan motor, mulai kecepatan rendah, sedang sampai tinggi. Itulah sebabnya ketika RPM tinggi, motor tidak bisa secara langsung menjadi pelan, karena harus satu persatu menurunkan Gear sampai tingkat yang paling rendah.

Selain Gear yang banyak, motor matic injeksi memiliki sistem pengapian yang stabil yang bisa menghemat bahan bakar mesin. Jadi jika ada pemilik kendaraan tersebut mengeluhkan boros bahan bakar, ternyata hanya masalah perawatan saja. Bagaimana cara merawat motor matic injeksi agar irit bahan bakar, yuk simak tips berikut ini.

1. Menggunakan bahan bakar oktan tinggi

Bahan bakar dengan oktan tinggi dengan kandungan Ron 92, mampu memberikan pembakaran pada ruang mesin lebih optimal. Berbeda dengan bahan bakar oktan rendah seperti premium yang mengandung Ron 88, motor matic injeksi lama sekali mencapai pembakaran yang optimal, sehingga butuh banyak asupan bahan bakar.

Gunakan bahan bakar Pertamax atau yang sejenis, agar kinerja mesin selalu optimal dan bisa menghemat bahan bakar alias irit.

2. Cek saringan udara secara berkala

Saringan udara berfungsi untuk mengatur aliran udara yang masuk pada ruang mesin. Jika saringan udara kotor, maka secara otomatis bisa mengganggu kinerja mesin matic injeksi.

Bersihkan secara berkala saringan udara setiap 2-3 bulan sekali atau tergantung pemakaian dan jika sudah mencapai 15.000 Km, ganti dengan yang baru.

Bagi yang hobi bongkar motor sendiri, jika ingin membersihkan saringan udara motor matic, bisa baca disini cara merawat dan membersihkan saringan udara motor matic injection

3. Gunakan oli standar

Oli mesin memiliki peranan penting dalam kinerja sebuah motor, khusus nya motor matic injeksi.

Tingkat kekentalan oli, sangat berpengaruh dalam menjaga gesekan antar bagian mesin. Oleh karena itu, gunakan oli mesin standar dengan tingkat kekentalan yang dianjurkan untuk pabrik motor matic injeksi anda.

4. Sikap berkendara yang baik

Menggunakan motor matic injeksi dengan RPM yang tidak stabil, bisa menguras penggunaan bahan bakar. Sebagai contoh adalah ketika dalam berkendara sering nge gas secara tiba-tiba dan mengerem mendadak, itu akan membuat kinerja mesin terganggu dan mau tidak mau ketika akan di gas lagi, ruang mesin mengambil bahan bakar lebih banyak dari tanki.

Stabil kan laju kendaraan anda, jika ingin lebih hemat bahan bakar.

5. Periksa tekanan ban

Ban yang kempes, bisa membuat laju motor matic menjadi berat. Hal itu akan memacu kinerja ruang mesin lebih berat, karena RPM harus lebih tinggi dari biasanya.

Cek dan periksa tekanan angin ban motor matic injeksi anda secara berkala setiap 2-4 minggu dan tambah angin atau Nitrogen jika memang ban sudah kempis.

6. Jangan terlalu lama memanaskan motor matic injeksi

Motor matic yang mengadopsi sistem injeksi sebenarnya tidak perlu dipanaskan, sebab dengan sendiri nya akan cepat merespon ketika mesin dinyalakan.

Tapi untuk melancarkan penggunaan oli mesin, sebaiknya panaskan sekitar 2-3 menit saja dengan menggunakan kick stater dan jangan terlalu lama karena bisa boros bahan bakar.

Kesimpulan
Dengan mempelajari dan menerapkan tips cara merawat motor matic injeksi agar lebih irit bahan bakar diatas, anda akan merasakan sendiri perbedaannya.

Sebab, semakin baik anda dalam merawat kendaraan khususnya motor matic injeksi, maka akan semakin baik pula kinerja yang diberikan kendaraan anda. Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon