Selasa, 30 Januari 2018

4 Cara Mengetahui Shock Breaker Motor Rusak dan Cara Merawatnya

Tags

Shock breaker motor - Peredam kejut atau istilah kerennya shock breaker, merupakan sebuah alat yang digunakan pada setiap kendaraan bermotor untuk menstabilkan gerakan kendaraan ketika berjalan pada sebuah jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Banyak yang belum mengetahui bahwa shock breaker memiliki fungsi penting, karena menyangkut kenyamanan berkendara, enggak kebayang kan bagaimana rasanya mengendarai sebuah kendaraan yang shock breaker nya rusak, pasti sangat tidak nyaman dan kadang membuat badan pada pegal semua.

Nah pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengetahuan bagaimana ciri-ciri sebuah shock breaker yang sudah tidak layak dan sudah mesti di ganti, yuk di simak.

Cara mengetahui shock breaker rusak

Pada umumnya kerusakan pada sebuah fungsi peredam kejut, bisa diketahui dengan mudah. Tinggal kendarai dan rasakan bagaimana fungsi nya, apakah masih enak atau sudah tidak enak. Namun tidak semua bisa mengetahui ciri-ciri shock breaker yang sudah harus di ganti.

Mengganti shock breaker motor yang sudah tidak enak, bisa dilakukan sendiri dan hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Tapi biasanya pihak toko menghargai barang dagangan nya sekalian dengan ongkos pasang, tinggal pilih bayar dan tunggu sebentar, shock breaker baru siap digunakan.

Lalu bagaimana dengan tanda dan ciri shock breaker sudah harus diganti, berikut penjelasannya.

Tanda dan ciri shock breaker sudah harus diganti

1. Terasa keras

Salah satu tanda adalah dengan merasakan sendiri bagaimana tingkat penahan kejut tersebut bekerja dengan cara mengendarai di jalan berlubang, jika sudah keras dan tidak enak dapat dipastikan harus diganti.

2. Keluar oli

Tanda dan ciri selanjutnya adalah keluar cairan oli di sekitar bagian dalam per. Lihat dan perhatikan, jika shock breaker sudah tidak enak biasanya suka keluar oli yang berwarna hitam.

Jika sudah demikian, harus diganti dan jangan dibiarkan terlalu lama. Sebab bisa mengganggu kinerja mesin motor dan kesehatan pengendara tentunya.

3. Per bengkok

Pada sebagian pengguna motor, pasti pernah terjatuh dan jika mengalami hal tersebut, cek bagian shock breaker apabila pee bengkok, sebaiknya diganti agar lebih aman.

4. Karet penahan besi membesar

Biasanya ketika shock breaker rusak dan mengeluarkan oli, membuat karet penahan besi pegas membesar karena proses kimia dari oli shock.

Perhatikan dengan baik-baik, apakah motor anda mengalami hal tersebut, jika benar tanda peredam kejut sudah harus diganti.

Itulah beberapa tanda dan ciri shock breaker motor sudah harus diganti. Adapun dengan bagaimana cara perawatan shock breaker motor agar tidak cepat rusak, bisa di lihat dibawah ini.

Cara merawat shock breaker motor

Merawat peredam kejut pada sebuah kendaraan khususnya sepeda motor, bisa menghemat pengeluaran karena membuat benda tersebut awet dan betah berlama-lama nempel di bagian swing arm motor.

Agar shock breaker awet, anda harus bisa merawat nya dan berikut ini tips nya.

1. Jangan menaruh benda terlalu berat

Menggunakan sepeda motor, ada batasan jumlah berat yang bisa diangkut oleh kendaraan tersebut. Karena bisa mempengaruhi kinerja perefam kejut.

Biasanya pada shock breaker bawaan pabrik, tidak bisa digunakan untuk membawa benda berat dalam jangka waktu yang terus-menerus. Sebab bisa merusak fungsi dari shock breaker.

2. Stabilkan berat bawaan

Pada motor yang memiliki 2 buah shock breaker, perhatikan dengan seksama beban angkut. Jangan sampai ketika membawa barang yang berat, terlalu di tumpu pada bagian kiri atau kanan saja. Karena bisa membuat kinerja peredam kejut tidak maksimal dan membuat salah satu cepat rusak.

Hal ini pernah admin alami ketika memiliki motor Vega ZR, karena terlalu banyak beban di kiri, maka shock breaker kiri cepat rusak.

3. Bersihkan dari kotoran

Shock breaker yang kotor akan membuat kinerja sparepart tersebut tidak maksimal. Biasanya yang menjadi kendala utama adalah air hujan yang mengering serta lumpur.

Bersihkan ketika shock breaker kotor dan terkena air hujan dengan air bersih, lalu kering kan agar terhindar dari karat.

Mengganti shock breaker bawaan pabrik dengan custom

Untuk anak muda yang hobi oprek motor, mengganti shock breaker bawaan pabrik dengan custom, menjadi trend yang harus dilakukan agar tampilan motor menjadi lebih trendy.

Faktor kenyamanan kadang tidak dipersoalkan, asalkan terlihat bagus tidak masalah. Biasanya shock breaker custom dengan daya pegas besar sering digunakan karena terlihat lebih keren.

Tapi apakah tidak mempengaruhi kinerja mesin motor?

Secara langsung memang tidak, tapi seiring waktu berjalan akan terasa beda nya, karena kinerja mesin mulai berkurang. Sebab ketika membawa beban ringan seperti berboncengan, shock tidak merespon dan bisa mempengaruhi swing arm motor.

Tapi, ketika membawa beban berat, shock breaker custom sangat bisa diandalkan, karena pegas akan merespon dengan baik dan anda akan langsung bisa merasakan beda nya.

Kesimpulan
Akhir kata, pilihan untuk menggunakan shock breaker custom kini di tangan anda selaku pengguna kendaraan bermotor. Jika di rasa tidak terlalu penting, lebih baik gunakan yang ori dan bawaan pabrik.

Mengenal tanda dan ciri shock breaker rusak dan harus diganti juga penting dan tak kalah penting lagi, adalah merawat shock breaker agar tidak cepat rusak.

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon