Kamis, 14 Agustus 2014

Black Opal

Batu black opal adalah salah satu jenis batu yang paling banyak dicari para kolektor yang harganya mencapai jutaan rupiah. Keindahan batu black opal adalah bisa memancarkan warna dari setiap batu permata di dunia.

Australia adalah salah satu negara penghasil batu black opal terbesar di dunia dengan presentase 90% pertambangan yang tersebar diberbagai daerah. Batu black opal juga menjadi maskot salah satu kota terbesar penghasil batu tersebut yaitu south wales.

cara perawatan batu black opal

Tapi indonesia juga tidak kalah bersaing dengan australia, batu black opal yang berasal dari desa lebak provinsi banten mampu membuat mata para pengamat batu permata internasional tercengang. Hebat bukan, jadi mulai sekarang apabila sobat punya batu black opal rawatlah dengan baik karena bisa Jadi batu sobat ditawar kolektor dengan harga jutaan rupiah.
Bagi yang punya bahan black opal baik yang sudah dibentuk maupun yang sudah tapi belum mengeluarkan warna (jarong), jangan khawatir dan menyerah disini saya bahas caranya bersama para pakar yang sudah berhasil dengan black opal miliknya.

Cara Merawat Black Opal


  1. Rendam batu dengan air hujan dan dijemur dalam botol tertutup
  2. Rendam batu dengan minyak, bisa zaitun, baby oil yang dicampur minyak kayu putih tutup yang rapat. Jemur batu hingga minyak terserap
  3. Rendam batu dengan cairan isotonik dibotol yang tertutup rapat, jemur bersama air rendaman seharian
  4. Bungkus batu dengan alumunium foil lalu letakkan dibara api kayu atau batok kelapa yang menyala selama 15 menit. Ini termasuk cara yang ekstrem


Kesemua cara diatas pernah dilakukan dan berhasil mengeluarkan warna (jarong) batu black opal. Adapun cepat dan tidaknya tergantung bahan batu dan kesabaran dalam merawat.

Saya sangat menganjurkan cara merawat black opal poin ke dua, karena bila dilihat dari sisi keamanan dan kecepatan sangat unggul dibandingakan cara lainnya.

Memang, bahan black opal berkualitas sangat menunjang sukses tidak nya beberapa poin cara merawat black opal diatas.

Jenis bahan black opal yang bisa dengan mudah keluar jarong adalah jenis sempur, hal ini sudah Saya buktikan sendiri, namun kekurangan nya sedikit lebih rapuh dari jenis bahan black opal lain nya.

Semoga info singkat tentang black opal bisa bermanfaat dan menambah wawasan, khususnya sobat pecinta black opal. Salam gemslover.

Baca juga:
treatment black opal dengan cara oles

223 comments

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 223 dari 223   Lebih baru›   Terbaru»

Sore mas... sebelumnya januari lalu saya sudah pernah menanyakan cara merawat BO, tips dari mas deny sudah saya jalankan, alhasil skrg BO sy sudah mulai tumbuh bintik jarong merah, sebaiknya proses selanjutnya dengan cara apa mas? apakah tetap rendam jemur? apakah masih harus amplas halus atau amplas dibagian yg belum tumbuh jarong?. terimakasih sebelumnya.

Selamat mas dady queen. Perawatan susulan sebaiknya mengikuti pola yg sudah diterapkan. Dalam 1 bulan pasti timbul warna yg lain.

mau tanya kang, BO says sudah keluar jarong tp bru sdikt gmna biar jarongnya full kang, apakah lama menjadi fullnya?makasih kang

kalau siang di jemur sama rendaman minyak gpu terus malamnya juga di rendam sama minyak gpu bisa atau bahaya gan ? tq

gimana rawatan selanjutnya utk bahan BO ygsudah keluar titik2 perak?

deni net@ butuh waktu untuk meratakan jarong

Arif riswanto@Jika ada perubahan teruskan

James@ saya sudah posting caranya, silahkan dilihat.
Thanks all

Salam kenal bang Deni..
Mohon penjelasannya treatment Black Opal Sempur / kayu yang sesuai dg Struktur Batu BO nya, saya sdh hampir 3 bulan merawat BO dg cara pertama direndam dg air Hujan,trus pake campuran myk baby oil + Kayu putih dan terakhir saya rendam pake cuka makan + Gambar beryodium..terahir saya lihat ada cairan warna Hijau di atas batu BO, kira2 cairan itu sisa minyak atau apa bang..? Untuk garis putih / getahnya sdh full keluar namun bibit jarong nya belum sama sekali nampak selain cairan warna hijau tsbt,batu BO saya sdh dibentuk semua..
2. Kalau batu warna Hitam pekat dg serat solder itu BO bukan bang?
3. Kalau batu warna hitam pekat dan sdh kristal berubah warna putih tembus, itu BO bukan bang? Mhon jawabannya bang. Tks sebelumnya.

Mas batu saya kok jadi ada warna putihnya y? Gara gara direndem minyak zaitun ga di jemur2

Gan kalau cara merawat black opal yg natural (sdh jarong) gmn... apa masih tetap harus diolesi minyak ? terimakasih

Hida yati@ harus dijemur gan max 3 jam

Taufik teolada@ pertanyaan anda terlalu panjang, coba ajukan di forum

Guntar@ sering dipakai saja, kalau mau dijemur silahkan. Thanks

Bos,,ane mau tanya pastinya ,maaf tolong di kira kira dari bintik kilau ke proses jarong berapa lama ya bos,,makasih bos..

Bang..air rendaman BO punya saya qo berubah jadi coklat y?Trs disemuti jga..KNP Y?

Mas bo kopi saya setelah saya jemur warnanya berubah jadi hitam kecoklatan . tapi jarongnya makin banyak. Pertanyaan saya bagai mana caranya mengembalikan warna hitam pekat lagi tapi jaronya tetap banyak

Gan BO saya sudah keluar bintik bintik keemasan, perawatan rendam zaitun dan minyak kayu putih..siang hari jemur, yang saya tanyakan apakah itu bibit jarong? dan berapa lama lagi perawatan biar full

Mahendra Mayuta @ ga ada yang pasti tapi perkiraan 3-4 bulan

Joko Prayitno @ Memang kalau pakai air kelapa begitu, makanya simpan yang baik dan pastikan tidak tercampur oleh cincinnya.

Achmad Farid @ Coba dioles zaitun

Ridho sukamto @ iya itu bibit jarong, masalah lama ga ada yang pasti, lakukan saja terus. thanks all

Saya punya black opal kristal mas bro, tapi ada retak dalam (retak tdk sampai permukaan), apakah retak bisa hilang dengan treatment tertentu, atau retak tdk bisa hilang? Mohon pencerahannya ....thanks

Jika sudah kristal agak susah masbro sigit, tapi bisa dicoba cara rendam zaitun namun resiko jarong suka hilang.

bang numpang tnya nie...ni black opal ane treadment awal pake air n di sekeliling bo dh mulai muncul jarong yg terlihat jelas kalau kering..tp kl saya olesin minyak kok hilang ya gan jarong nya..n baru bisa muncul lgi kl di rendam air n di jemur gan...tolong pencerahan nya bang deni

saya punya bahan sebagian dah dibentuk tapi pada saat perendaman pake cairan isotonik ada debu berwarna-warni nempel didinding wadah.....saya kwatir bang itu ciri apa.mohon pencerahan

Gan, ane sebelum nya punya bo full jaronh, ud naik ring, tapi sering ane kasi kan minyak, lalu jarong nya makin redup dan mulai ilang. Gmana y supaya jarong nya bisa kembali lagi? Mohon info nya gan.

Min jarong black opal kalimaya saya kok bisa hilang ya ? , trus warna batu jadi hitam pekat klo di senter dalemx warna merah , kira" cara ngembalikan jarongx gmna min ??

Aslmkum kang Denny,izin mhn pencerahannya.sy nyoba treathment BO kurleb dari 3kg bahan trus sy gospol kasar perawatan udh nyoba ganti2 cara treathment & skrg batunya sy rendam jemur pake minyak 3 in 1 jelly sdh banyak tapi knapa sdh ada 2 Tahun blom bisa jarong ya? Mohon solusinya.

Waalaikum Salam Kang Kesuma Atmaja. Untuk permasalahan nya, coba baham Black opal di potong menjadi kecil dan jila bisa di bentuk kasar dulu. Biasanya kalau terlalu besar dan tebal, agak susah merawat nya.

Sebab, teknik pemanasan tidak cukup merata di seluruh bahan batu bo.

Jika sudah di potong kecil, silahkan coba di rawat lagi. Terima kasih.😁

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 223 dari 223   Lebih baru›   Terbaru»

Berkomentarlah dengan baik, sopan dan sesuai tema. Klik tanda centang untuk mendapat balasan admin.
EmoticonEmoticon