Rabu, 14 Februari 2018

2 Cara Melepas Fungsi Rem Cbs Motor Matic

Tags

Melepas rem Cbs - Sebuah motor matic keluaran tahun 2015 keatas, pasti sudah dibekali dengan sistem pengereman combi alias jika rem belakang di tekan, secara otomatis rem depan ikut melakukan pengereman.

Fungsi rem Cbs, semata-mata untuk menjaga keamanan pengendara ketika terjadi pengereman mendadak. Hal ini mungkin akan sangat membantu, tapi di sisi lain memliki kelemahan dari segi pemakaian sparepart atau suku cadang.

Dari beberapa rekan pengguna motor matic dengan sistem rem Cbs termasuk admin sendiri, memgalami sedikit kendala. Mulai dari pemborosan kampas rem, sampai cepat terkikis nya piringan cakram rem depan.

cara melepas fungsi rem cbs motor

Memang kendala diatas hanya di alami oleh pengguna motor matic dengan penggunaan setiap hari yang tinggi, seperti sales, kurir, bahkan jasa ojek online. Tapi untuk pemakaian skala rumah, admin rasa kendala cepat habis nya kampas rem tidak akan ada.

Admin sendiri memiliki motor matic dengan fungsi rem Cbs, dan ketika menggunakan untuk 8000 km pertama, dengan tingkat pemakaian tinggi timbul masalah pada bagian kampas, yakni cepat habis.

Kendala awal timbul bunyi ngik ngik pada bagian rem depan, kemudian diikuti bunyi pada bagian rem belakang.

Pihak bengkel resmi pun menyarankan agar mengganti kampas rem secara berkala, agar keamanan tetap terjamin. Lalu ketika sudah mengganti dan motor dipakai setiap hari, ketika sudah mengganti kampas rem depan sangat terasa cepat sekali habis, padahal baru berjalan 2 bulan.

Usut punya usut, ternyata masalah nya terletak pada pemakaian rem depan yang terlalu sering.

Bagaimana tidak sering, ketika rem belakang di tekan, rem depan ikut tertekan dan hal ini yang menyebabkan kampas rem depan cepat habis.

Karena masalah ini, admin berdiskusi kepada teman yang mekanik motor yang sudah kawakan dan beliau menyarankan 2 tips, agar penggunaan kampas rem depan tidak cepat habis. Bagaimana tips nya, simak dibawah ini.

Cara pertama: melepas fungsi rem Cbs motor matic


Alat yang digunakan:
  • Obeng kembang
  • 2 buah baut 10

Caranya sebagai berikut:
  • Buka bagian penutup rem Cbs yang terletak di batok depan motor 
  • Kemudian terlihat ada 2 buah kabel rem yang saling menyatu
  • Letakkan 2 buah baut 10 pada celah yang apabila rem belakang di tekan, rem depan ikut
  • Coba tekan rem depan sekali lagi, jika anda memasang baut dengan benar akan terlihat baut menghalangi kabel rem depan agar tidak ikut
  • Pasang kembali penutup dengan benar

Dengan cara diatas, fungsi rem Cbs bisa dinonaktifkan hanya dengan mengganjal menggunakan baut nomor 10 dan sekaligus menghemat pengeluaran kampas rem depan.

Baca juga: Cara mengatasi mesin motor matic injection tidak bisa menyala

Cara kedua: melepas fungsi rem Cbs motor matic


Cara yang kedua, sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebab, hanya menggunakan setelan rem saja. Namun, cara ini terbukti work dalam mengatasi kampas rem depan motor matic Cbs yang sering habis.

Bagaimana caranya, yuk simak dibawah ini.
  • Siapkan motor dengan posisi standar tengah
  • Kemudian tekan rem belakang dan perhatikan rem depan juga ikut ter tekan
  • Kendur kan setelan rem belakang sampai batas yang diinginkan, agar rem depan tidak terlalu ikut saat di tekan
  • Selesai

Cara kedua ini terbilang ringan dan mudah tapi cukup riskan bagi yang belum terbiasa, oleh sebab itu tidak dianjurkan bagi yang baru belajar motor dan ibu rumah tangga yang kaget ketika ada kejadian mendadak.

Kalau di rasa tidak perlu, sebaik nya fungsi rem Cbs dibiarkan saja. Sebab salah satu fungsi rem tersebut adalah tingkat keamanan yang tinggi, khusus nya bagi pengendara yang baru belajar motor matic.

Itulah ulasan kali ini tentang melepas fungsi rem Cbs, semoga bisa bermanfaat terlebih bagi anda yang memiliki motor matic dengan sistem combi brake.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon