Senin, 05 Februari 2018

5 Ciri-ciri Motor Matic Harus Ganti Oli dan Solusinya

Berbicara tentang ciri-ciri motor matic harus sudah ganti oli,  tentu setiap orang atau pemilik punya takaran sendiri. Tapi, tidak semua pemilik kendaraan bermotor mengetahui kapan waktu yang tepat untuk tap oli,  terlebih bagi motor matic dengan tahun tua.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa oli mesin, merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Kenapa demikian, sebab tanpa adanya oli, seluruh bagian mesin tidak akan terlindungi. Tidak terbayang kan bagaimana sebuah mesin motor berjalan tanpa oli mesin, pasti suara yang ditimbulkan sangat berisik dan dalam hitungan jam motor sudah dapat dipastikan akan rusak total.

Ciri-ciri motor matic harus ganti oli

Dalam postingan ini, admin ingin membagi pengalaman ketika motor matic harus sudah ganti oli. Sebab kalau tidak, ya motor akan mengalami berbagai kendala berat. Apa saja tanda dan ciri-ciri nya,  berikut adalah ulasannya.

Ciri-ciri motor matic sudah harus ganti oli mesin


1. Keluar asap putih dari knalpot motor matic

Motor matic sejatinya adalah motor dengan sistem 4 tak yang ramah lingkungan. Emisi gas buang dari motor matic, dapat di tekan sedemikian rupa sehingga jelas tidak ada sisa pembakaran berupa asap yang keluar dari knalpot. 

Sering kita lihat di jalan raya, sebuah motor matic keluar asap dari knalpot yang menimbulkan bau serta polusi udara. Kemungkinan besar pemilik motor telat ganti oli, sehingga merusak bagian seher mesin.

Keluar asap dari knalpot merupakan tanda motor matic sudah harus ganti oli,  jadi lebih baik mengganti oli rutin setiap 4000/km ketimbang mengganti seher, karena biaya nya tidak sedikit. 

2. Suara mesin kasar

Jika anda mendengar suara kasar keluar dari mesin motor matic, itu tanda alami motor minta ganti oli. Sebab, seiring penggunaan motor secara terus menerus, akan membuat oli menjadi encer dan berubah warna menjadi hitam.

Bagaimana cara mengetahui suara mesin kasar? 

Tutup bagian knalpot, lalu dengar kan apakah suara mesin masih normal atau sudah kasar. Jika suara sudah kasar, lebih baik tap oli mesin motor matic anda, jika ingin motor awet. 

3. Oli mesin berkurang

Seiring pemakaian setiap hari, minggu bahkan bulan, oli mesin motor matic mengalami pengurangan isi atau volume. Hal ini disebabkan karena perputaran mesin serta penggunaan yang terlalu sering menempuh jarak jauh.

Bagi motor modifikasi yang merubah bagian mesin agar bisa melaju lebih cepat, penggunaan oli menjadi lebih aktif ketimbang motor standar. Jadi, penurunan volume oli juga lebih cepat.

Bagaimana cara mengeceknya? Buka tutup oli mesin dan angkat, lalu lap dengan kain bersih. Kemudian masukan lagi tanpa dikencangkan, lihat indikasi di bagian ujung tutup oli, apakah masih normal, berkurang atau malah tidak basah sama sekali.

4. Motor sering menempuh perjalanan jauh

Motor yang sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh khususnya motor matic, harus sering di kontrol oli mesin nya. Karena dapat dipastikan oli mesin cepat hitam dan berkurang isi nya.

Sebaiknya jika motor anda sering digunakan setiap hari dengan jarak tempuh jauh, usahakan mengganti oli setiap satu bulan sekali agar mesin terawat dengan baik dan performa mesin semakin bagus.

Gunakan oli standar pabrik motor matic atau jika anda ingin mencoba oli lain,  bisa baca ulasan berikut ini 6 ciri-ciri oli mesin terbaik untuk motor matic

5. Tarikan berat

Ciri-ciri dan tanda selanjutnya adalah pada bagian gas motor matic. Motor yang harus ganti oli,  biasanya tarikan gas menjadi berat dan kadang telat.

Hal ini pernah admin rasakan sendiri, ketika mengendarai motor matic honda dan merasakan berat pada bagian tarikan gas. Ketika sudah ganti oli,  tarikan gas menjadi enteng dan respon mesin juga berubah.

Tips dan cara mengatasi motor yang telat ganti oli mesin

Selain mengganti oli mesin,  ada solusi lain jika anda ingin membuat performa motor matic menjadi lebih baik atau bahkan tambah baik, walaupun tap oli juga harus dilakukan. Berikut adalah tips nya.

1. Keluar asap dari knalpot 
Selain mengganti oli mesin, motor matic yang sudah keluar asap putih di knalpot nya,  harus melakukan pergantian seher dengan yang baru.

Beli dan ganti sparepart seher dengan yang asli atau ori di bengkel resmi merk motor matic anda. Jika sudah demikian, lihat hasil nya.

2. Suara mesin kasar
Suara mesin kasar memang sangat mengganggu sekali,  apalagi jika suara tersebut sampai terdengar ketika berkendara, tentu menjadi perhatian banyak orang.

Selain mengganti oli mesin, tips lain adalah dengan memperhatikan bahan bakar yang digunakan. Jika sebelumnya anda menggunakan pertamax dan ketika mengisi bahan bakar mengganti dengan pertalite atau premium, tentu berakibat pada suara mesin yang menjadi kasar.

Kenapa demikian, mesin perlu beradaptasi lagi dengan jenis bahan bakar baru. Jika sebelumnya menggunakan Ron yang lebih tinggi, tentu menggunakan Ron lebih rendah dari sebelumnya akan berimbas pada kinerja mesin motor matic.

Tapi jika suara kasar bukan berasal dari mesin, anda harus baca yang satu ini Cara mengatasi cvt motor mio bunyi berdecit

3. Oli mesin berkurang 
Untuk mengatasi permasalahan sering nya oli berkurang secara tiba-tiba, sebaiknya beli oli dengan ukuran 1 ltr jangan 0,8 agar bisa ditambahkan kembali.

Periksa setiap 2-3 minggu sekali oli mesin anda,  jika berkurang segera tambahkan dengan sisa oli yang ada.

4. Motor sering menempuh jarak jauh
Solusi terbaik untuk motor khususnya matic yang menempuh jarak jauh, sebaiknya gunakan oli mesin yang agak kental agar performa lebih greget. Jika sebelumnya menggunakan oli mesin 10-30 gunakan 10-40.

5. Tarikan gas berat
Khusus untuk motor matic dengan tarikan gas berat, solusi terbaik menurut admin adalah menggunakan oli standar pabrik merk motor.

Cobalah tap oli beberapa kali dengan oli yang sama dan lihat perbedaannya, jika tarikan gas sudah tidak berat lagi, gunakan saja oli bawaan pabrik motor anda.

Itulah ulasan tentang ciri-ciri motor matic harus sudah ganti oli dan solusi lain agar performa mesin motor semakin bagus, semoga bisa bermanfaat. 

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon