Rabu, 06 Desember 2017

Cara Menggunakan dan Mengatasi Rem CBS agar Tidak Blong secara Tiba-tiba

Tags

Rem CBs pada motor matic kok bisa blong, awalnya admin juga tidak percaya. Namun karena sering mendengar keluhan seperti hal diatas, akhirnya admin coba buktikan dan ternyata memang kelemahan rem cbs bisa mengakibatkan blong jika tidak tahu cara menggunakan rem dengan benar.

Rem CBs (Combi Brake System) menggunakan pengaturan pada handel rem yang apabila digunakan atau di tekan, akan membuat kabel rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Jadi jika tuas rem belakang ditekan, secara otomatis rem depan akan ikut juga.

Cara mengatasi fungsi rem CBs blong secara tiba-tiba

Tapi, banyak pengguna sepeda motor matic yang menerapkan fungsi rem CBs, mengeluhkan rem suka blong saat berkendara. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, padahal seharusnya rem bisa berfungsi secara maksimal.

Kenapa demikian, usut punya usut ternyata hal tersebut di picu oleh beberapa faktor dan paling banyak disebabkan oleh kurang mengerti nya pengendara akan fitur rem CBs.

Apa saja faktor penyebab rem CBs menjadi blong, berikut penjelasannya.

1. Telat mengganti kampas rem

Telat mengganti kampas rem, menjadi salah satu faktor penyebab rem CBs menjadi blong. Kenapa demikian, karena fitur rem ini membuat kampas rem depan dan belakang terus bekerja selama sepeda motor berjalan dinjalan raya. Entah itu pengereman dalam kondisi motor pelan, maupun kondisi motor kebut.

Seiring sering dipakainya sepeda motor, kampas rem akan lebih cepat habis dan rem cakram depan yang menjadi andalan ketika teejadi pengereman mendadak akan ikut habis juga kampasnya.

Oleh sebab itu, jika motor yang mengadopsi fitur rem CBs dipakai setiap hari, apalagi jika anda berprofesi menjadi sales atau kurir, harus selalu di cek kondisi kampas rem depan dan belakang, agar tidak terjadi rem blong.

2. Cakram rem depan menipis

Selain kampas, cakram atau piringan rem depan akan terkikis jika sering digunakan setiap hari. Rem CBs, memungkinkan hal tersebut bisa terjadi karena rem belakang dan depan bekerja secara bersamaan.

Belum lagi anda telat mengganti kampas rem depan yang jika dibiarkan akan mengikis piringan cakram dan secara otomatis rem kurang berfungsi secara optimal.

3. Debu dan kotoran yang menempel di kampas rem

Faktor lain adalah adanya partikel debu dan kotoran yang menempel pada kampas rem depan maupun belakang. Namun hal ini tidak terlalu sering menyebabkan rem menjadi blong, tapi ada baiknya diperiksa dan dibersihkan setiap anda servis ke bengkel resmi atau langganan.

Baca juga: Cara mengatasi CVT Mio bunyi berdecit

Tips cara menggunakan rem CBs agar tidak blong

Tips ini admin dapat dari seorang montir yang dipercaya dan sudah pernah admin lakukan sendiri tipsnya. Alhasil, bisa mengatasi permasalahan rem CBs yang suka blong secara tiba-tiba. Apa saja tips nya, yuk simak lebih lanjut.

1. Jangan menekan rem CBs secara penuh

Saat mengerem menggunakan rem CBs, sebaiknya handel rem jangan di tekan secara penuh. Sebab jika kondisi motor dalam cepat, lalu rem di tekan secara penuh, bisa menyebabkan rem blong dengan tiba-tiba. Gak percaya, silahkan coba sendiri dan tanggung sendiri akibatnya hehehe.

2. Tekan rem CBs dengan sistem kocok

Salah satu cara agar rem CBs tidak blong dengan tiba-tiba, gunakan metode kocok rem. Tekan perlahan, lalu lepaskan kemudian tekan kembali. Dengan demikian rem lebib mudah bereaksi terhadap kecepatan dan hasilnya motor bisa dikendalikan.

3. Gunakan rem depan 1-3 kali saja

Dalam kondisi pengereman, biasanya setiap pengendara menarik tuas rem depan dan belakang secara bersamaan. Hal tersebut sah-sah saja, akan tetapi efeknya bisa membuat fungsi rem CBs menjadi terganggu.

Alangkah baiknya jika dalam pengereman, tuas rem depan di tekan secara halus 1-3 kali saja dan setelah itu tinggal memainkan mengikuti feeling saja. Dengan demikian, fungsi rem CBs akan terjaga dan tidak akan blong secara tiba-tiba.

Kesimpulan
Menggunakan rem CBs dengan menekan secara penuh secara bersamaan, bisa mengakibatkan fungsi rem tersebut menjadi terganggu. Agar tidak terjadi rem blong, sebaiknya gunakan dengan cara di kocok atau menekan tuas rem depan dengan lembut. Semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon