Kamis, 02 November 2017

Cara Panduan Registrasi Ulang SIM CARD yang Gagal dan Identitas tidak sesuai

Registrasi ulang sim card - Maraknya berita tentang registrasi ulang sim card di berbagai media, membuat masyarakat yang memiliki nomor handphone sedikit ketakutan apabila tidak registrasi ulang kartu akan terblokir.

Menurut laman resmi Kemeninfo, registrasi ulang sim card murni bertujuan untuk keamanan semata dan bukan seperti kabar hoax yang katanya bisa dipergunakan untuk menghack akun rekening Bank orang yang bersangkutan.

Cara registrasi ulang sim card yang gagal tidak sesuai

Registrasi ulang sim card bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, asalkan syarat-syarat nya bisa dipenuhi. Sebab, kabar tentang diblokirnya nomor ponsel yang tidak di registrasi ulang bukan hoax. Lalu apa saja syarat untuk registrasi ulang sim card, berikut penjelasan nya.

Syarat-syarat registrasi ulang sim card

  • Nomor Induk Kependudukan / NIK
  • Nomor Kartu Keluarga / KK

Setelah memenuhi dan memiliki syarat-syarat diatas, baru lah anda lakukan registrasi ulang dengan format sms seperti contoh di bawah ini.

Format registrasi ulang via sms
  • Buka bilah pesan pada ponsel
  • Ketik ULANG#Nama#NIK#No KK kirim ke 4444

Setelah mengirim dengan format sms diatas, dalam beberapa detik kemudian akan muncul sms balasan berupa registrasi ulang berhasil. Namun jika tidak berhasil juga, bisa dipastikan nomor yang digunakan tidak sesuai identitas nya saat pertama kali melakukan registrasi sim card.

Lalu bagaimana cara registrasi ulang sim card yang berbeda identitas?


Data diri saat pertama kali registrasi nomor prabayar, pasti di rekam oleh server pusat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk registrasi sim card sesuai kartu identitas yang dimiliki alias tidak asal-asalan.

Tapi, bila sudah terlanjur daftar nomor prabayar dengan metode asal-asalan dan anda ingin tetap menggunakan nomor tersebut, silahkan baca tips panduan berikut.

Panduan registrasi ulang sim card yang gagal dan tidak sesuai identitas


  • Pertama kali, coba daftar lagi kartu prabayar anda dengan format SMS seperti ulasan diatas, jika sukses berarti hanya server eror saja
  • Kedua jika masih saja gagal, coba telepon customer servis kartu seluler yang anda gunakan
  • Minta untuk dilakukan registrasi atas nama anda dan siapkan NIK, nomor KK, nama ibu kandung, 3 nomor yang sering dihubungi sebagai syarat-syarat nya
  • Kemudian tunggu proses registrasi ulang

Biasanya sih admin berhasil, untuk registrasi ulang sim card yang gagal dan identitas tidak sesuai dengan panduan diatas. Walaupun sedikit mengalami kendala, seperti mengingat 3 nomor telepon yang sering dihubungi, tapi untuk masalah lain, bisa ditangani asalkan benar nomor yang digunakan memang punya sendiri.

Untuk melengkapi panduan cara registrasi ulang sim card yang gagal dan identitas tidak sesuai diatas, nih admin kasih nomor customer servis kartu seluler di tanah air / Indonesia.

Baca juga:

Nomor Customer Servis berbagai kartu seluler di Indonesia
  • Indosat, 185 / (021) 3000 3000
  • Telkomsel, 116 / 0807 1 811 811
  • XL dan Axis, 817 / (021) 579 59 817
  • Tree, 123 / 0896 44000 123
  • Smartfrend, 888 / (021) 50100 000

Semua nomor customer servis diatas, bisa di akses oleh setiap pemilik nomor seluler selama 24 jam dengan biaya 300 rupiah / panggilan atau sesuai tarif yang berlaku jika menggunakan telepon rumah dan seluler.

Bagaimana jika tidak bisa juga?

Salah satu solusinya adalah dengan mengganti kartu seluler anda dengan yang baru, dan pastikan kali ini untuk di registrasi dengan benar dan sesuai kartu identitas diri, untuk menghindari kejadian serupa.

Sebagai penutup, menurut salah satu customer servis kartu seluler, batas waktu registrasi ulang sim card bukan akhir bulan Oktober 2017, tapi bulan Februari 2018.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon