Rabu, 08 November 2017

Cara Mudah Registrasi SIM CARD bagi yang Belum Memiliki KTP

Cara mudah registrasi sim card bagi yang belum memiliki KTP - Sejak 31 Oktober 2017 setiap sim card yang dimiliki oleh penggunaan handphone, harus di registrasi ulang sesuai peraturan yang berlaku. Tidak hanya pengguna nomor lama, tapi yang baru saja membeli nomor sim card baru, harus melakukan registrasi dengan mencantumkan nomor NIK e-KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Cara registrasi sim card tidak punya e-KTP

Bagaimana dengan yang belum memiliki e-KTP, tapi ingin menggunakan nomor handphone dan tidak bisa mendaftar?

Jangan khawatir, admin punya solusi untuk registrasi sim card bagi yang belum memiliki e-KTP.

Setiap kartu perdana yang dikeluarkan oleh berbagai provider seluler di Indonesia, mengharuskan setiap penggunanya untuk melakukan registrasi sesuai data diri yang masih berlaku. Entah itu berupa SIM, paspor, KITAS, KTP dan Kartu Pelajar.

Tapi semua identitas yang disebutkan diatas, sekarang sudah tidak bisa digunakan untuk registrasi sim card, kecuali e-KTP. Kenapa demikian, sesuai dengan arahan Keminfo, setiap sim card harus di registrasi menggunakan NIK e-KTP dan nomor KK, agar bisa diketahui dengan jelas di mana orang tersebut tinggal dan siapa saja anggota keluarga nya.

Jangan coba-coba untuk daftar kartu handphone menggunakan nomor e-KTP dan nomor KK palsu, sudah dapat dipastikan tidak akan berhasil.

Bagi yang sudah memiliki sim card dan ingin daftar ulang tapi tidak mengetahui caranya, bisa simak tips berikut cara mudah registrasi sim card menggunakan nomor kartu keluarga

Setiap individu yang belum berusia 17 tahun dan belum memiliki e-KTP, secara otomatis sudah terekam dan memiliki NIK ketika nama nya terdaftar dalam kartu keluarga. Dengan berbekal NIK tersebut lah, kita bisa registrasi ketika membeli sebuah nomor kartu perdana untuk handphone.

Masih bingung cara registrasi sim card bagi yang belum punya e-KTP? Simak tips berikut ini.

Cara registrasi sim card bagi yang belum memiliki e-KTP


Dokumen yang dibutuhkan:
  • Nomor Kartu Keluarga
  • Nomor NIK yang tertera pada KK

Caranya sebagai berikut:
  • Masukkan nomor kartu perdana pada handphone dan tunggu sinyal provider kartu muncul
  • Setelah sinyal ada, buka tab pesan pada handphone
  • Ketik DAFTAR#nomor NIK#nomor KK# kirim ke 4444
  • Tunggu balasan sms sukses

Sobat masih bingung bagaimana melihat nomor NIK dalam Kartu Keluarga (KK) ?

Coba sobat ambil dan lihat Kartu Keluarga yang dimiliki dan perhatikan setiap kolom nya. Pada kolom nama, kemudian lihat kolom kedua dengan judul NIK, pasti tertera nomor e-KTP bukan. Nah, dari situ kita bisa mendaftarkan sim card baru, jika belum memiliki e-KTP. Dan admin rasa cukup mudah mengetahui letak nomkr NIK di KK.

Lalu bagaimana jika belum memiliki Kartu Keluarga/KK?

Jika sobat termasuk perantau yang bekerja di Negara lain/TKI atau tidak berdomisili di tempat kelahiran, minta kan ke keluarga untuk mengirimkan foto KK, sebab jika tidak sim card tidak bisa digunakan.

Bagaimana cukup jelas bukan cara registrasi sim card baru bagi yang belum memiliki e-KTP, jika kurang jelas silahkan komentar pada form di bawah.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon