Selasa, 03 Oktober 2017

Cara mengatasi CVT Mio Bunyi Berdecit dengan Mudah tanpa ke Bengkel

Tags

CVT mio berdecit - Memiliki sebuah tunggangan kuda besi dengan jenis otomatis untuk aktivitas setiap hari, memang memerlukan pemeliharaan, baik dari segi mesin maupun sistem otomatis itu sendiri. Seperti kasus yang sering muncul pada sepeda motor mio dengan sistem otomatis, terkadang suka timbul suara berdecit yang keluar dari blok CVT. Walaupun tidak berdampak fatal, tapi lama-kelamaan juga sangat mengganggu telinga kita ketika mengendarai motor skutik mio di jalan raya.

Sebenarnya apa sih CVT itu dan apa fungsinya bagi motor khususnya yamaha mio?

Cara mengatasi cvt mio berdecit

Secara bahasa CVT merupakan singkatan dari Continuously Variable Transmission atau bahasa mudahnya adalah transmisi otomatis untuk memudahkan naik dan turun kecepatan dengan sendirinya. Tapi kadang karena terlalu sering di pakai atau karena sebab tertentu, CVT bisa menimbulkan suara cit..cit..cit seperti suara tikus ter jepit.

Jika tidak segera diperbaiki, tentu motor mio yang Anda pakai akan membuat suara yang mungkin bisa mengundang orang sekitar menengok ke arah motor Mio anda.

Lalu apa solusi agar bunyi cit..cit..cit tidak timbul lagi pada CVT motor Mio Anda? Berikut solusi mudahnya.


Cara mengatasi cvt mio berdecit


  • Buka bagian cvt motor mio menggunakan kunci T
  • Kemudian perhatikan bagian mangkuk kopling ( Cluth Housing )
  • Jika terlihat ada yang tidak rapat, berarti itu masalah yang selama ini membuat mio berdecit
  • Buka mangkuk kopling dan rapat kan lagi menggunakan lem besi
  • Pasang kembali mangkuk kopling dan penutup blok cvt

Baca juga: 2 cara menghaluskan suara mesin motor matic segala merk

Jika Anda tidak punya lem besi, gunakan saja lem alteco super untuk mengelem bagian mangkuk kopling yang renggang, namun akan lebih baik jika menggunakan lem besi.

Biasanya cvt menjadi tidak rapat alias renggang serta menimbulkan bunyi berdecit karena berbagai alasan dan salah satu alasan yang selama ini terjadi adalah pemakaian yang terlalu lama serta sering terkena air ketika mencuci motor atau sering menerjang banjir.

Walaupun blok cvt tidak menggunakan gasket,tapi ada baiknya Anda memberikan ekstra perlindungan dengan menggunakan gasket atau lem tribone.

Setelah mengikuti tips untuk menghilangkan bunyi berdecit pada cvt mio diatas, coba lah berkendara seputar komplek atau rumah dan lihat serta dengar kan, apakah masih ada bunti berdecit tersebut.

Menurut pengalaman sih, suara cit..cit sudah lenyap dari blok cvt mio, tapi jika masih saja ada, coba periksa di bengkel motor terdekat.

Itu saja ulasan kali ini tentang cara mengatasi cvt mio berdecit, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang memiliki masalah sama seperti yang admin rasakan.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon