Rabu, 02 Agustus 2017

Tips Cara Memperbaiki Engkol Macet pada Motor Matic

Tags

Tips Memperbaiki engkol macet pada motor matic - Engkol atau kick stater pada sebuah motor, berfungsi untuk menghidupkan mesin motor bila kondisi aki dalam keadaan soak alias mati. pada motor matic, keberadaan engkol memang dipandang sebelah mata karena terbilang cukup merepotkan jika digunakan. Namun jangan meremehkan engkol motor matic, sebab jika sudah macet, nah..loh, pasti sangat merepotkan.

Anda pasti sering melihat aktivitas memanaskan motor matic menggunakan engkol pada pagi hari, hal tersebut sebenarnya adalah salah satu cara praktis agar kick stater tidak macet saat digunakan.

cara memperbaiki engkol macet motor matic

Bagi yang mengalami kendala engkol macet pada motor matic nya, sebaiknya jangan dulu terlalu khawatir. Sebab, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah asalkan tau ilmunya. Beda hal dengan kick starter yang tidak mau balik ketika di sela, untuk masalah yang satu ini akan kita ulas pada postingan selanjutnya.

Sebelum memutuskan membawa motor matic kesayangan Anda ke bengkel, sebaiknya lakukan tips dibawah ini agar kick stater alias engkol bisa digunakan seperti biasa.

Cara memperbaiki engkol macet pada motor matic


Alat yang digunakan:

  • Grease/gemuk
  • Kunci T 8
  • Cairan pembersih ( bensin/semprotan pembersih)


Caranya sebagai berikut:

  • Gunakan kunci T 8 untuk melepas baut pada bagian cover CVT
  • Kemudian lepaskan gear engkol yang menempel
  • Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan gear engkol sampai benar-benar bersih
  • Setelah dipastikan gear endkol benar-benar bersih, beri grease/gemuk pada ulir engkol
  • Pasang kembali gear engkol pada CVT
  • Terakhir pasang cover CVT pada motor


Baca juga: Cara merawat dan membersihkan saringan udara motor matic injection

Mudah bukan cara memperbaiki engkol macet pada motor matic, jika Anda mendapati ulir gear engkol banyak yang dol, sebaiknya ganti baru agar tidak terjadi masalah dikemudian hari seperti yang dialami teman admin berikut.

Kala itu teman admin menggunakan Vario F1 dengan jarak tempuh lumayan jauh, lalu tiba-tiba saja engkol jatuh dan tidak balik, tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan bunyi kletek...kletek di sepanjang jalan. Kemudian motor matic mau tidak mau harus masuk bengkel, jadi keluar duit deh he..he.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan engkol minimal sehari sekali ketika menyalakan mesin motor matic pada pagi hari, untuk merawat agar kick stater bisa berfungsi dengan normal.

Memang engkol atau kick stater pada motor, biasa dianggap sebelah mata oleh sebagian pemilik motor khususnya matic, mungkin karena penggunaan yang ribet dan harus menggunakan standar utama atau standar tengah. Namun fungsinya sangat fital, jika aki motor dalam keadaan soak dan tidak bisa otomatis diisi oleh mesin.

Semoga ulasan kali ini tentang cara memperbaiki engkol macet yang sering terjadi pada motor matic bisa bermanfaat, selamat mencoba.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon