Kamis, 20 Juli 2017

Bingung Cari Oli Transmisi Motor Matic, Cobain Repsol Matic Gear Oil Terbukti Gaspol

Oli transmisi motor matic - Berbicara tentang mesin motor khususnya motor matic, tak lepas dari yang namanya oli. Sebab oli yang bagus sangat menunjang performa mesin agar lebih awet dan tidak mengeluarkan suara bising. Selain oli mesin, motor matic juga menggunakan oli transmisi atau dikenal dengan nama oli gearbox. Menggunakan oli transmisi yang bagus juga bisa menunjang performa kuda besi di jalanan.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagi pengalaman menggunakan oli transmisi merk Repsol pada motor matic jenis Honda Vario 110 F1 Injection, yang gambarnya ada dibawah ini.

Oli transmisi motor matic terbaik

Sebelum menggunakan oli transmisi Repsol, oli yang digunakan masih bawaan pabrik karena masih dapat gratis oli mesin dan oli transmisi. Ketika bulan pertama sih tidak ada kendala berarti, namun memasuki bulan kedua dan ketiga, motor matic mulai rewel karena sering telat gaspol.

Selidik punya selidik, ternyata oli transmisi sudah minta jajan alias di ganti. Dan sebelum mengganti dengan oli transmisi jenis serupa, penulis mencoba bertanya kepada mekanik yang kebetulan masih kerabat dekat.

Setelah lama basa-basi dan menghabiskan kopi 1 gelas, baru lah menanyakan tentang masalah oli transmisi / oli gearbox yang bagus menurut rekomendasi sang mekanik. Ternyata setelah dijelaskan, oli transmisi yang banyak beredar itu kebanyakan menggunakan oli mesin juga, hanya saja dikemas lebih praktis dengan menggunakan botol sendiri yang memiliki corong khusus.

Oli transmisi motor matic


Apa rekomendasi sang mekanik? Tidak lain adalah Repsol oli matic transmisi. Lah kok bisa, sedang kan motor penulis Honda Vario 110 injection yang seharusnya menggunakan oli produksi pabrikan motor Honda.

Penjelasan nya sederhana, oli Repsol sudah di uji dan banyak yang menggunakan serta tidak ada keluhan dari pemilik motor matic. Hmm...sambil mikir penulis membenarkan, karena pekerjaan kerabat yang notabene adalah mekanik kawakan motor, sudah seharusnya beliau mengetahui seluk-beluk oli motor khususnya oli transmisi / oli gearbox.

Oke, saran dan nasehat telah diterima dan setelah mengganti oli transmisi dengan Repsol matic gear oil, memang benar ucapan sang mekanik. Motor matic Honda Vario F1 Injection yang kebetulan di dapat dari nge blog, ternyata tambah enak digunakan dan tidak lagi ada los saat tancap gas.

Bagi sobat pemilik motor matic merk apa saja, pergantian oli transmisi tidak boleh diabaikan. Sebab fungsi oli tersebut sama pentingnya dengan oli mesin, apalagi motor sudah pernah menerjang jalanan yang banjir, pergantian oli harus dilakukan agar tidak merusak komponen lain.

Sebenarnya oli transmisi yang bagus harus memiliki standarisasi API SL-5, namun sayangnya tidak banyak produsen oli tanah air yang memiliki jenis oli transmisi dengan standarisasi tersebut.

Apa lagi banyak artikel yang menyebutkan bahwa oli transmisi / oli gearbox sama saja dengan oli mesin, pasti semakin sulit mencari oli transmisi yang bagus serta berkualitas.

Baca juga: 2 cara menghaluskan suara mesin motor matic

Kesimpulan

Pengalaman penulis ini bukan menjudge bahwa Repsol oli transmisi matic adalah yang terbaik, tapi hanya sekedar berbagi pengalaman menggunakan oli transmisi tersebut. Lagi pula, harganya juga relatif murah dan tersedia di tempat penjualan oli dimana saja.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon