Sabtu, 22 Juli 2017

6 Ciri-ciri Oli Mesin Terbaik untuk Motor Matic yang Harus Anda Tahu

Oli mesin motor matic terbaik - Sudah bukan rahasia lagi bahwa oli motor matic bawaan pabrik, selalu terdapat kekurangan disana sini. Mulai dari suara mesin yang kasar, sampai masa pergantian oli yang tidak akurat. Anda dan saya pasti ingin memberikan oli yang berkualitas bagus untuk motor matic yang menjadi tunggangan setiap hari, agar performa mesin motor menjadi lebih bagus dan responsif.

Sulit nya mencari oli yang berkualitas bagus untuk motor matic, menjadi kendala si pemilik kendaraan, terlebih jika tinggal di daerah pelosok.

Oli mesin motor matic injection terbaik
Oli mesin motor matic

Lalu apa saja ciri-ciri oli berkualitas bagus untuk mesin motor matic? Berikut ulasannya.

Ciri-ciri oli berkualitas bagus untuk mesin motor matic


  • Tingkat kekentalan (SAE) yang bagus
  • Terdapat logo API, JASO
  • Tidak membuat mesin motor bersuara kasar
  • Masa pakai melebihi 2500/Km
  • Membuat tarikan enteng
  • Tidak cepat hitam
1. Tingkat kekentalan SAE yang bagus

Kekentalan oli motor matic, merupakan salah satu hal pertama yang harus dilihat jika Anda ingin membeli oli mesin. Sebab jangan sampai keliru dengan tingkat kekentalan yang dikhususkan untuk motor sports.

Standarisasi kekentalan oli mesin motor matic adalah SAE 10W-30 dan yang paling bagus bisa mencapai SAE 10W-40. Jadi, lihat dan perhatikan kekentalan oli sebelum membeli ditoko/bengkel langganan.

2. Terdapat logo API, JASO

Setiap oli mesin motor matic, memiliki logo tersebut sebagai standarisasi oli yang berkualitas. Jadi bukan sembarangan, produsen oli membubuhkan merk API JASO pada setiap oli buatan mereka.

Pada kemasan oli, hampir semua terfapat logo API JASO dan ada juga yang mendapat 1 saja seperti. Jika ingin mencari oli berkualitas perhatikan logo tersebut dan usahakan terdapat kedua logo standarisasi oli.

3. Tidak membuat mesin bersuara kasar

Kalau ciri-ciri berikut akan terlihat setelah pemakaian selama 3-7 hari. Jika oli yang Anda pakai malah membuat mesin bersuara kasar, segera ganti. Sebab bisa membuat kerusakan jangka panjang bagi jeroan mesin motor matic.

Oli yang bagus tidak menyebabkan suara mesin menjadi kasar, bahkan cenderung membuat mesin motor menjadi lebih halus.

4. Masa pakai lebih dari 2500/Km

Masa oli adalah waktu dimana oli sudah harus diganti dan jika oli yang berkualitas bagus, cenderung memiliki masa pakai yang lebih lama ketimbang ambang batas pergantian oli mesin.

Oli standar pabrik motor, biasanya hanya berlaku untuk 2500/Km dan pada kasus yang admin alami bahkan sebelum masa pakai tersebut, motor sudah tidak enak dipakai alias timbul keluhan seperti suara kasar dan tarikan tidak maksimal.

5. Membuat tarikan enteng

Oli mesin motor matic yang bagus, membuat tarikan menjadi enteng dan tidak berat serta tidak menimbulkan loss saat transmisi kecepatan berubah. Hal ini sudah admin rasakan pada motor matic Vario 110 Fi injection, setelah mengganti oli yang bukan standar pabrik.

6. Oli tidak cepat hitam

Saat mengganti oli mesin, Anda pasti melihat oli bekas yang berwarna hitam pekat. Berbeda dengan oli mesin motor matic berkualitas bagus, oli bekas tidak terlalu pekat, walaupun masih berwarna hitam.

Warna hitam menandakan gesekan mesin yang mengikis karena oli tidak terlalu bagus, biasanya kekentalan oli sangat berpengaruh ketika mesin bekerja. Oli mesin yang terlalu encer, tidak bisa melindungi dan melapisi bagian mesin sampai ke celah kecil sekalipun.

Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah oli dengan tingkat kekentalan yang bagus dan tidak cepat encer, sebagai pelindung mesin motor matic Anda.

Itulah ulasan tentang ciri-ciri oli mesin motor terbaik untuk motor matic yang bisa menjadi rujukan dalam memilih oli mesin motor yang berkualitas bagus. Sekali lagi admin bukan bermaksud memberikan pernyataan bahwa oli bawaan pabrik tidak bagus untuk motor matic Anda, namun hanya sekedar merangkum dari pengalaman sesama pengguna motor matic yang menggunakan oli mesin bawaan pabrik. Semoga bisa bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon