Jumat, 14 Juli 2017

Cara Memperbaiki Mesin Pompa Air Berdengung dan tidak Keluar Air 100℅ Work

Tags

Memperbaiki mesin pompa air berdengung dan tidak keluar air karena lama tidak dipakai - Mesin pompa air yang lama tidak digunakan, umumnya mengalami berbagai kendala ketika dinyalakan, dan salah satunya adalah mesin berdengung serta tidak keluar air sama sekali. Begitu juga dengan pengalaman Saya ketika mencoba menghidupkan mesin pompa air merk Shimizu jet pump, yang lama tidak dipakai. Mesin berdengung dan tidak keluar air sama sekali serta ketika di pegang, mesin terasa panas, khususnya di bagian dinamo.

Setelah mencoba utak atik disana sini, akhirnya Saya menemukan jawaban yang boleh di bilang work 100℅. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tersebut, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini.

Cara memperbaiki mesin pompa air berdengung
Memperbaiki mesin pompa air berdengung dan tidak keluar air

Mesin pompa air berdengung tidak keluar air karena lama tidak dipakai


1. Cek bagian kelistrikan

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek bagian kelistrikan mesin pompa, apakah masih berfungsi atau tidak. Anda bisa mengetesnya dengan menggunakan tespen, jika nyala bertanda masih bagus. 

Setelah yakin berfungsi dan setrum menyambung dengan baik, lalu coba tancapkan ke stop kontak dan hidupkan. Jika mesin berdengung, matikan lalu lakukan langkah selanjutnya.

2. Cek persediaan air dalam tanah

Nah, yang tak kalah penting adalah mengecek persediaan air tanah mesin pompa air. Pastikan lubang air tidak kering, dengan cara menggoyang-goyangkan pipa paralon. Jika terdengar suara air, sudah dipastikan mata air tidak kering. Kemudian, lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Cek bagian pipa paralon

Langkah selanjutnya, cek seluruh bagian pipa paralon yang menghubungkan mesin pompa air ke instalasi air Anda. Pastikan tidak ada yang bocor, dengan melihat apakah ada air yang mengalir atau tidak.

Setelah Anda yakin tidak ada yang bocor, maka lanjut ke langkah berikutnya.

4. Buka bagian kipas mesin pompa air

Nah, pada langkah ini Anda membutuhkan sebuan obeng untuk membuka baut kipas. Jika sudah selesai membuka penutup kipas, lalu putar searah jarum jam beberapa kali, kalau saya pribadi memutar sampai 1 menit. 

Setelah kipas diputar, lalu coba nyalakan mesin pompa air. Jika sudah berhasil keluar air, matikan mesin dan tutup kembali penutup kipas dinamo mesin pompa dan pastikan dalam posisi benar serta kencang.

Biasanya masalah kipas pompa air tidak berputar, disebabkan karena lama tidak dipakai alias tidak digunakan. Banyak kerak air yang membuat kipas tidak bisa bergerak otomatis dan harus digerakkan secara manual saat pertama kali dihidupkan.

Jadi jika Anda tidak menggunakan mesin pompa air dalam jangka waktu lama, sebaiknya sebelum dinyalakan, putar kipas dengan obeng perlahan-lahan selama 1 menit. Baru setelah itu, nyalakan mesin pompa air.

Apabila mesin pompa air Anda sering mati hidup, kemungkinan besar masalah ada pada settingan otomatis pompa, untuk itu baca panduan dibawah ini.

Baca juga: Cara setting alat otomatis mesin pompa air segala merk

Penyebab lain

Kipas yang tidak berputar pada mesin pompa air, selain karena tidak digunakan terlalu lama, penyebab lain yang mungkin terjadi karena kapasitor mesin pompa rusak. Ketika Anda mengecek kapasitor tersebut dan memang rusak, ganti kapasitor dengan yang baru. Saya yakin jika penyebabnya kapasitor, setelah diganti baru, pasti mesin pompa bisa menyala normal serta keluar air 

Itulah pengalaman saya memperbaiki mesin pompa air merk Shimizu yang berdengung dan tidak keluar air karena lama tidak terpakai, setelah langkah diatas saya lakukan, air berhasil keluar dengan kencang dan mesin berfungsi dengan normal.

2 comments

bermanfaat sekali mas. kebetulan alat yang satu ini sering gangguan

Iya mangs abdul, kadang kita lupa menggunakan pompa karena suatu hal seperti mudik 😁

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon