Selasa, 18 Juli 2017

2 Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic Segala Merk

Tags

Cara membuat halus mesin motor matic - Sebuah motor memiliki mesin sebagai salah satu alat penting dalam pengoperasian nya. Berjalan dan tidaknya motor, sudah barang tentu harus menggunakan mesin yang mengatur segala hal, mulai pembakaran, pemindahan transmisi sampai kecepatan. Pada motor matic, sering ditemukan kendala suara mesin yang berisik dan kasar. Jika motor matic sobat mengalami kendala suara mesin kasar, coba tips dibawah ini, untuk menghaluskan suara mesin motor matic.

Pada dasarnya semua jenis mesin motor sama, walaupun ada perbedaan disana sini. Namun hal tersebut, tidak mengurangi fungsi dan kinerja sebuah mesin sepeda motor. Khusus pada motor matic, mesin cenderung lebih kasar karena sistem pengiritan bahan bakar. Tetapi jika sobat bisa merawat serta memberikan apa yang dibutuhkan mesin matic, pasti suara akan lebih halus dan tidak kasar.

Cara menghaluskan suara mesin motor matic

Cara menghaluskan suara mesin motor matic segala merk


1. Oli mesin matic yang bagus

Sebuah mesin bisa bekerja secara maksimal, jika menggunakan oli yang tepat menurut standar sebuah mesin. Peran oli juga sangat penting, karena bisa membantu kinerja mesin agar lebih bagus dan awet.

Memilih oli yang tepat untuk motor matic, terbilang gampang-gampang susah. Sebab walaupun ada petunjuk untuk mengisi oli sesuai bawaan pabrik motor, belum tentu sesuai dengan mobilisasi pemilik kendaraan. Sebagai contoh, motor matic harus di isi oli bawaan merk tertentu, lalu pekerjaan pemilik adalah sales yang memerlukan motor untuk operasional nya, sudah barang tentu oli bawaan tidak akan bagus untuk motor tersebut.

Umur oli, ditentukan oleh kilometer yang tertera pada motor. Biasanya setiap 4000 km sudah harus mengganti oli, agar mesin bisa lebih awet. Tapi jika pekerjaan sobat membutuhkan motor, sudah barang tentu pergantian oli harus dilakukan setiap bulan.

Pertanyaan nya, oli apakah yang bagus untuk motor matic?

Oli motor matic, harus memiliki kriteria API SL agar bisa dipertanggungjawabkan. Sebab kriteria tersebut sudah menjadi patokan sebuah oli berkualitas, walaupun tingkat kekentalan (SAE) juga penting.

Gunakan oli motor yang sesuai dengan kebutuhan, jika sobat lebih ingin awet serta halus suara mesin motor matic, gunakan yang sedikit lebih mahal agar keuntungan jangka panjang bisa didapatkan. Saya lebih merekomendasikan Repsol, Motul, Shell sebagai oli mesin matic karena sudah terbukti sangat bagus untuk perawatan.

Perbandingan:
Gunakan oli yang direkomendasikan dan lihat dalam sebulan, apakah oli sudah hitam atau tidak. Warna hitam menandakan pengikisan elemen besi pada mesin karena pemakaian, jika oli rekomendasi belum hitam, itu bertanda oli mesin bagus dan cocok dengan motor matic.

Baca juga: Cara mengatasi mesin motor matic injection tidak bisa menyala/hidup

2. Bahan bakar yang ideal

Memilih bahan bakar yang pas untuk mesin motor matic, juga sangat berpengaruh terhadap suara yang dikeluarkan oleh mesin motor.

Menggunakan bahan bakar dengan jenis Ron 92, sangat dianjurkan untuk lebih memberikan pembakaran sempurna dan pastinya lebih irit karena tidak ada kompresi yang sia-sia.

Pertanyaan, apakah motor matic lama juga harus menggunakan bahan bakar Ron 92 agar lebih bagus?

Kenapa tidak, mesin motor matic lama juga membutuhkan bahan bakar yang bagus untuk mendukung kinerja mesin.

Walaupun jenis motor matic sobat masih mengadopsi siatem karbu dan bukan injection, tingkat kualitas bahan bakar juga sangat penting bagi kinerja mesin.

Buktikan dengan menggunakan bahan bakar Ron 92 / Pertamax selama 2 minggu dan lihat hasilnya.

Perbandingan
Ron 92 / Pertamax sangat admin anjurkan untuk motor matic jenis injection ketimbang Ron 90 / Pertalite, atau Ron 88 / Premium. Sebab bisa memberikan kemampuan untuk pembakaran yang sempurna. Walaupun di STNK dan BPKB motor tertulis bahan bakar bensin, namun untuk keawetan serta pemakaian yang bagus, Pertamax bisa digunakan.

Bagaimana dengan Ron 95 / Pertamax plus?

Menurut tingkat kompresi mesin motor matic injeksi, Pertamax plus tidak bisa memaksimalkan lebih dari Pertamax biasa. Jadi buat apa beli yang mahal, kalau yang dihasilkan sama dengan yang biasa (Pertamax). Terkecuali motor sobat jenis sport, yang perlu pembakaran lebih besar ketimbang motor matic, menggunakan Pertamax plus sangat dianjurkan untuk bisa mendapatkan kompresi yang maksimal.

Kesimpulan

Jika sobat ingin suara mesin motor matic menjadi halus, bisa mencoba tips diatas. Walaupun terlihat biasa dan cukup mahal biaya perawatan nya, tapi manfaat jangka panjang bisa didapatkan, yaitu keawetan mesin dan tidak rewel.

2 comments

ia sih mas kalo diperlakukan seperti itu bisa jadi lebih bagus hasilnya

So Pasti mangs, kalau dirawat dengan baik, pasti akan bagus hasilnya.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon