Selasa, 16 Mei 2017

Tips Membentuk dan Merawat Akik Badar Kelor

Tips membentuk dan merawat akik badar kelor - Sebuah kayu yang sudah puluhan bahkan ribuan tahun terpendam dalam tanah, bisa menjadi keras dan berubah menjadi batu. Seperti contoh pohon kelor berikut ini, yang sudah menjadi keras dan berevolusi menjadi batu akik serta dikenal dengan nama badar kelor / galian kelor / sepah kelor.

Untuk menjadikan bahan pohon kelor menjadi sebuah mata cincin yang bagus, cukup di bentuk menjadi mata cincin yang dibentuk sesuai pola serat pada bahan pohon kelor.

cara bentuk merawat badar kelor

Umumnya akik badar kelor berwarna hitam legam, dengan serat kayu yang nampak di permukaan. Tingkat kekerasan akik kelor, cukup keras dan berada di level 6-7 skala Mohs. Jadi bagi sobat yang suka dengan akik yang berasal dari kayi, badar kelor bisa menjadi pilihan untuk dikoleksi.

Tips membentuk akik badar kelor

Jika sobat memiliki bahan batu akik badar kelor, bentuk lah dengan posisi serat berada di posisi vertikal. Sebab menurut para sesepuh batu akik, posisi serat vertikal bisa melambangkan keteguhan jiwa dalam berusaha serta mampu menangkal dari hal-hal yang kurang baik.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa akik kelor penuh dengan kekuatan mistis yang hebat dan salah satu cara mengeluarkan nya adalah dengan membentuk batu menjadi cincin dengan serat vertikal.

Tips merawat akik badar kelor


1. Teknik rendam air sumur
Masalah perawatan, akik badar kelor tidak terlalu sulit untuk di rawat. Sebab perawatan akik dengan asal kayu, tidak menggunakan bahan-bahan kimia, sehingga cukup mudah untuk dilakukan perawatan. Salah satu contoh perawatan badar kelor adalah dengan teknik rendam menggunakan air sumur, cukup rendam batu akik dalam wadah lalu biarkan selama 2 minggu dan batu siap digunakan sebagai mata cincin.

2. Teknik gosok kulit dan kertas intan
Selain teknik rendam, teknik full gosok juga bisa digunakan untuk merawat akik badar kelor. Gunakan alat bantu seperti kulit dan kertas intan, lalu gosok perlahan di permukaan cincin sampai mengkilap. 

Ada juga sesepuh akik yang menyarankan memakai bambu hitam, untuk menggosok permukaan batu agar lebih bagus lagi dan cepat tua.
Kedua cara perawatan batu akik badar kelor diatas adalah yang sering digunakan oleh para sesepuh serta pemain batu akik. Walaupun ads yang menyarankan tips lain, namun tidak sebagus kedua cara diatas.

Harga batu akik badar kelor yang sudah jadi, bisa mencapai jutaan rupiah. Sebab batu tersebut konon sudah memiliki khasiat yang bisa dirasakan langsung oleh pemakainya.

Semoga ulasan diatas tentang batu akik badar kelor bisa bermanfaat, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon