Rabu, 26 April 2017

Bahan Akik Wonogiri Emas, Harga Jual, Peluang Usaha dan Cara Merawatnya

Bagi sebagian pecinta akik, menemukan sebuah bahan batu yang punya kualitas bagus, merupakan hal yang paling menyenangkan. Sebab dari bahan batu akik tersebut, bisa dibentuk menjadi sebuah mata cincin yang indah dan tentunya punya nila jual tinggi. Seperti bahan batu akik Wonogiri emas berikut ini, yang sangat langka, unik dan punya nilai jual tinggi. Bagaimana harga jual, peluang usaha dan cara merawat bahan akik tersebut, berikut adalah ulasannya.

harga bahan akik wonogiri emas peluang usaha

Harga bahan akik Wonogiri emas

Bahan akik Wonogiri jenis emas, merupakan bahan akik yang memiliki karakter kuat dari segi penampilan serta serat yang ada di permukaannya. Dari guratan serat yang nampak, bahan akik ini punya nilai jual yang sangat menguntungkan, jika diolah menjadi sebuah cincin batu akik.

Dalam sebuah toko akik yang saya kenal, akik Wonogiri emas dijual seharga 250 ribu dengan ukuran sedang dan sudah diikat cincin dengan jenis bahan titanium.

Dari bongkahan bahan akik Wonogiri emas, bisa dijual seharga lebih dari 300 ribu dalam sekali transaksi. Namun jika spesifikasi bahan batu lebih bersih dalam artian tidak ada kotoran dan kulit serta karang yang banyak, bisa mencapai 500 ribu per satu bongkahan dengan berat kurang lebih 1 kg.

Peluang usaha akik Wonogiri

Dalam beberapa tahun ke belakang, akik asal daerah Wonogiri merupakan akik yang banyak di cari para gemslover dan pedagang batu akik. Sebab, salah satu akik asal Wonogiri dengan jenis fire opal/barjad api bisa tembus hingga 2 juta rupiah untuk ukuran sedang.

Baca juga: Cara merawat batu akik keladen Pacitan dengan 5 langkah mudah

Para pecinta batu alam asal daerah Wonogiri bukan hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga berasal dari luar negeri, yang mana menurut penuturan sesepuh kampung Wonogiri, banyak batu alam dari daerah sini dijadikan sebagai aksesoris furniture semacam daun meja, lampu hias dan lain sebagainya.

Kembali ke bahan akik Wonogiri emas diatas, jika sobat ingin mencoba keberuntungan dalam berdagang batu akik, bisa menjadikan bahan batu tersebut menjadi mata cincin hingga puluhan buah, dengan harga 1 buah mata cincin ukuran sedang senilai 100 ribu.

Jadi dilihat dari kacamata peluang bisnis, berdagang batu akik Wonogiri jenis emas cukup menguntungkan, sebab masih banyak yang mencari jenis batu tersebut.

Cara merawat akik Wonogiri emas

Jika sobat memiliki batu asal Wonogiri dengan jenis emas, salah satu tips mudah dalam merawatnya dibawah ini, bisa menjadi langkah bijak untuk menaikkan harga jual batu tersebut. Sebab, batu akik yang terawat, akan lebih mahal ketimbang yang tidak.

Bahan-bahan:
  • Air kelapa
  • Wadah rendam
  • Tisu halus

Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan wadah rendam
  • Kemudian isi dengan air kelapa jenis apa saja, bisa kelapa muda, kelapa hijau atau kelapa tua
  • Masukkan akik Wonogiri emas dan rendam selam 1-2 malam
  • Angkat dan keringkan dengan tisu halus

Tips cara merawat akik Wonogiri jenis emas diatas, bisa sobat gunakan juga untuk bahan batu akik dengan jeinis fire opal. Sebab, kandungan serat dan tingkat kekerasan kedua jenis akik tersebut, berada dalam level yang sama. Semoga bisa bermanfaat dan salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon