Rabu, 22 Maret 2017

Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Injection Tidak Bisa Menyala Karena Bensin Kritis

Tags

Pernah punya pengalaman berkendara dengan sepeda motor matic injection, tiba-tiba tidak bisa menyala karena bensin kritis? Saya sendiri pernah mengalami nya dan rasanya sangat menjengkelkan. Karena pengalaman tersebut, akhirnya Saya mendapatkan ilmu pengetahuan baru tentang mesin injection motor matic yang sangat berharga dan pada ulasan kali ini akan saya bagi kepada pembaca semua tentang cara mengatasi masalah mesin motor matic injection tidak bisa menyala karena bensin kritis.

mengatasi mesin motor matic injection tidak menyala

Sebelum kita mengulas tentang cara mengatasi masalah tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem injection pada sebuah sepeda motor matic.

Mesin motor dengan sistem injection, merupakan inovasi baru dalam teknologi mesin khususnya sepeda motor, untuk mengatasi berbagai kendala pada sebuah motor dan polusi akibat buangan asap knalpot.

Dengan sistem injection, semua sepeda motor akan mengeluarkan asap lebih ramah lingkungan, karena emisi buang karbon dioksida lebih sedikit.

Cara kerja mesin injection motor matic


Cara kerja bahan bakar mesin motor injection adalah menyimpan, membersihkan, menyalurkan serta menginjeksikan. Cara ini dinilai akan menekan jumlah pemakaian bahan bakar, sehingga mesin akan lebih irit dalam mengkonsumsi bahan bakar alias bensin.

Salah satu cara agar mesin injection bisa bekerja optimal, adalah suplai bahan bakar dari tangki yang lebih banyak dari kebutuhan mesin itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan, agar tekanan tidak berkurang dan stabil pada pompa bahan bakar.

Sampai disini, sudah jelas kan cara kerja mesin injection motor matic secara sederhana. Oke, lanjut ke masalah selanjutnya.

Pernah punya masalah mesin pompa air mati hidup ketika kran air digunakan, coba solusi yang satu ini cara setting alat otomatis mesin pompa air agar tidak mati hidup ketika digunakan

Cara mengatasi mesin motor matic injection tidak bisa menyala karena bensin kritis


Patut diingat bahwa sepeda motor dengan sistem injection (EFI) tidak boleh sampai kekurangan bahan bakar alias bensin. Sebab jika sampai suplai bahan bakar berkurang, otomatis pompa bahan bakar akan bermasalah dan motor sulit menyala.

Apalagi pas dalam keadaan malam atau di jalan yang jauh dari pom bensin, tiba-tiba motor tidak mau menyala dan pas lihat bensin kritis, pasti kepala bisa pusing dibuatnya. Nah, Untuk mengatasi hal tersebut, coba tips berikut ini.

1. Santai sejenak
Beristirahat merupakan jalan terbaik bagi sobat yang mengalami masalah tersebut diatas. Santai saja dulu dan tarik udara lebih dalam, lalu keluar kan hehehe. Jika sudah lebih santai, baru lakukan hal dibawah ini.

2. Posisikan motor dengan standar tengah
Memposisikan motor dengan standar tengah, bisa membuat mesin kembali pada awal mula akan dihidupkan. Cara ini juga berguna agar mesin bisa cooling down alias pendinginan dari panas akibat berkendara.

3. Jangan terlalu banyak menghidupkan mesin dengan cara menyela, baik manula maupun otomatis
Satu lagi yang haris diingat, jangan melakukan starter mesin secara otomatis maupun manual berlebihan. Sebab motor bukan malah hidup, tapi sobat akan lelah karena meng engkol / menyela motor. Istirahat kan saja dulu mesin motor, 2 sampai 5 menit.

4. Goyang-goyang motor ke kanan dan ke kiri
Setelah mesin istirahat dan pada posisi standar tengah, goyang kan motor ke kanan dan ke kiri selama 30 detik.

Hal ini berguna agar pompa bahan bakar motor yang menyimpan bensin lebih banyak, akan mengeluarkan bensin karena efek goyangan.

Mengapa masih ada bensin yang tersimpan, padahal di tangki sudah kritis? 

Seperti penjelasan diatas, alat pompa bahan bakar pada mesin injection, mampu menyimpan bahan bakar lebih banyak dari keperluan mesin dan hal tersebut berguna agar tekanan udara bisa stabil.

5. Nyalakan motor matic
Setelah proses goyang-goyang selesai, cobalah untuk menyalakan motor secara manual dengan selaan samping. Putar kunci pada posisi on dan biarkan sebentar sampai lampu indikator injection padam, lalu engkol. Jika tidak bisa, coba dengan stater otomatis.

Jangan kaget jika motor matic injection sudah bisa menyala, lalu siapkan uang untuk mampir ke pom bensin atau tukang bensin eceran untuk mengisi bahan bakar agar tidak motor tidak mati lagi.

Itulah beberapa tips tentang cara mengatasi mesin motor matic injection tidak bisa menyala karena bensin kritis, semoga bisa bermanfaat dan silahkan mencoba kalau mau hehehe.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon