Selasa, 14 Maret 2017

Cara Mengatasi Mesin Kipas Angin yang Lambat ber Putar

Mesin kipas angin lambat ber putar- Memiliki sebuah kipas angin yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, pasti mengalami kendala yang biasa hinggap pada mesin. Kendala yang sering terjadi adalah melemah nya putaran kipas angin, walaupun sudah di setel pada kecepatan maksimal. Nah, bagaimana cara mengatasi mesin kipas angin yang lambat ber putar, berikut adalah tips serta ulasannya.

Cara mengatasi mesin kipas angin lambat

Kipas angin, sebuah adalah sebuah mesin yang bisa merubah energi listrik menjadi energi gerak. Dalam sebuah energi yang menggerakkan kipas, terciptalah hembusan angin yang bisa di setel dengan kecepatan tertentu.

Seiring lamanya pemakaian mesin kipas angin, berbagai kendala mulai muncul dan yang paling sering ditemui adalah melambat nya putaran kipas angin. Anda dan Saya serta jutaan orang yang menggunakan kipas angin, pasti mengalami kendala yang disebutkan diatas. Jangankan low speed, mencet nomor 3 alias kecepatan tinggi saja angin nya lambat, apalagi yang low speed.

Kejadian melemahnya putaran kipas pada mesin kipas angin, disebabkan melemahnya sebuah komponen alat yang mengatur aliran kistrik yang berfungsi mengatur perputaran kipas, kalau Saya menyebut nya black box / thermo fuse.

Alat ini, berada dan menempel pada atas dinamo di bagian belakang kipas angin. Jika Anda membuka bagian belakang kipas, pasti bisa dengan mudah menemukan alat yang dimaksud.

Jika mau diurutkan penyebab melemahnya putaran kipas angin adalah sebagai berikut.

2 masalah yang sering terjadi pada mesin kipas angin


  • As dinamo lengket dan kotor
  • Thermo fuse / black box lemah

As dinamo mesin kipas angin lengket dan kotor
Jika memang mesin kipas angin lambat atau pelan dalam putarannya, bisa jadi as dinamo mesin kotor karena debu atau benang.

Cobalah buka penutup as dinamo, lalu bersihkan dan beri pelumas dan lihat hasilnya. Jika sudah berfungsi normal putaran kipas, masalah selesai. Tapi jika belum, kita lanjut langkah berikut.

Thermo fuse / black box melemah
Fungsi alat diatas adalah sebagai pengatur aliran listrik yang dialiri ke dinamo. Jadi jika komponen tersebut melemah, bedar kemungkinan akan membuat lambat putaran kipas angin.

mengatasi mesin kipas angin lambat

Ganti kotak hitam tersebut dengan yang baru, dengan memotong kabel yang menghubungkan antara kedua kaki nya. Silahkan anda beli di toko elektronik dan kalau saya biasa mengganti yang lebih besar sedikit amper nya, kalau tidak salah cuma 10 ribu sampai 15 ribu.

Kemudian, anda sambung kabel dan aman kan sambungan dengan solder atau solasi. Tes nyalakan kipas, jika normal masalah selesai.


Itulah beberapa tips dalam mengatasi putaran kipas angin yang lambat, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon