Kamis, 30 Maret 2017

Cara Memperjelas Jarong Tedeng Kalimaya

Tags

Batu akik kalimaya, sebuah batu alam yang memiliki keindahan yang sangat unik dengan warna kilau berwarna-warni yang memancarkan aura eksotis. Bagi sebagian pecinta akik, kalimaya termasuk batu cincin yang mewah, sebab harga kalimaya terbilang cukup mahal karena di jual per karat dengan nilai rupiah bervariasi antara 80 ribu sampai 150 ribu.

Salah satu daya tarik akik kalimaya, adalah jarong yang bisa berkilau apabila terkena cahaya dan nama jarong tedeng. Sesuai judul diatas, kali ini Saya akan bagi tips cara memperjelas jarong tedeng kalimaya dengan mudah, bagi sobat yang ingin tahu lebih lanjut, simak ulasannya dibawah ini.

cara merawat jarong tedeng kalimaya

Cara Memperjelas Jarong Tedeng Kalimaya


Pertama kali yang harus dilakukan, adalah mengecek kembali akik kalimaya yang sobat miliki. Hal ini agar kita mengetahui, bagian mana yang akan kita fokus kan dalam perawatan kali ini. Misalnya sobat ingin memperjelas bagian samping jarong kalimaya, tentu fokus akan lebih utama bagian samping.

Setelah di cek dan menentukan bagian mana yang ingin diperjelas jarong tedeng nya, baru lah kita melangkah ke teknik dan cara perawatan yang ada dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Minyak bayi
  • Wadah
  • Tisu halus

Caranya sebagai berikut:
  • Oles akik kalimaya dengan minyak bayi
  • Letakkan dalam wadah
  • Jemur selama 3 jam


Penjelasan


Oles kalimaya dengan minyak bayi
Mengoles batu kalimaya dengan minyak bayi, akan melindungi batu dari kekeringan total saat proses pemanasan dengan teknik jemur matahari.

Lakukan pengolesan dengan rata dan tidak perlu terlalu banyak, sebab kita ingin proses jemur kalimaya tifak terlalu lama. Jika minyak bayi terlalu banyak, akan menghambat panas yang masuk ke dalam batu tersebut.

Meletakkan kalimaya dalam wadah
Meletakkan batu kalimaya dalam wadah, berfungsi  untuk menjaga agar batu tidak jatuh. Sebab batu kalimaya yang ukuran kecil sangat rentan tertiup angin dan hal ini pernah Saya alami ketika menjemur kalimaya dan batu hilang entah kemana karena tertiup angin, pengalaman hehehehe.

Gunakan wadah yang cukup berat tapi tidak menghalangi sinar matahari, contohnya adalah piring keramik, mangkuk dan lain sebagainya.

Jemur kalimaya 3 jam
Proses pemanasan secara alami dengan bantuan sinar matahari, banyak digunakan oleh pecinta akik kalimaya. Namun jangan terlalu lama dalam proses jemur, sebab bisa membuat kalimaya rusak.

Waktu ideal adalah 2 sampai 3 jam dan jika ingin bagian tertentu lebih jelas jarong tedeng nya, fokus kan ke arah tersebut dalam proses jemur. Namun jika ingin semua bagian jarong tedeng jelas, cukup putar semua bagian, contohnya sisi kiri 1 jam, sisi kanan 1 jam dan permukaan batu kalimaya 1 jam.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon