Rabu, 15 Maret 2017

Cara Membersihkan Mesin AC Indoor dan Outdoor Tanpa Panggil Tukang Cuci AC

Tags

Cara membersihkan mesin ac indoor dan outdoor- Memiliki pendingin ruangan/ac memang sudah menjadi suatu keperluan yang utama, terlebih cuaca yang panas kadang membuat tidak nyamam ketika ingin istirahat. Memiliki ac tentu harus melakukan perawatan, sebab jika tidak tentu akan mengurangi kinerja mesin ac dan membuat mesin menjadi tidak bisa mengeluarkan hembusan dingin yang maksimal, kalau istilah nya ac enggak dingin gitu sobat hehe. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas cara membersihkan mesin ac Indoor dan outdoor secara manual alias dikerjakan sendiri. Bagaimana caranya, yuk dimak ulasan berikut ini.

cara membersihkan mesin ac

Pendingin udara atau Air Conditioner adalah sebuah mesin yang berfungsi menarik udara panas dalam suatu ruangan, kemudian dihembuskan keluar. Dalam proses penarikan udara panas, hembusan udara dingin juga dikeluarkan lewat sebuah mesin yabg berada dalam ruangan tersebut. Dengan proses penarikan dan pengeluaran udara, maka suhu dalam ruangan yang menggunakan mesin ac akan menurun serta secara otomatis suhu berubah menjadi lebih dingin.

Udara yang mengandung debu yang ditarik lewat mesin ac indoor, akan disaring melalui sebuah filter pada mesin tersebut. Saringan atau filter mesin ac indoor secara otomatis pula akan kotor karena banyaknya debu dari pemakaian setiap hari.

Begitu juga yang terjadi pada mesin ac outdoor alias compressor ac, seiring pemakaian setiap hari, tentu akan membuat kotor mesin tersebut.

Melakukan perawatan pembersihan mesin ac indoor dan outdoor, selama ini harus melalui jasa cuci ac. Tapi bagaimana jika sobat bisa melakukan hal tersebut sendiri, tentu akan menghemat pengeluaran dan sekaligus menjadi ilmu yang bermanfaat. Bagaimana caranya, simak berikut ini.

Cara Membersihkan Mesin Ac Indoor dan Outdoor


Alat yang dibutuhkan:
  • Selang air
  • Mesin pompa air
  • Water gun
  • Lap bersih / kanebo
  • Bak / ember

1. Siapkan selang dan water gun
Jika sobat memiliki kedua alat tersebut, maka sambung kan dan kunci rapat dengan menggunakan clamp / klem agar air tidak rembes. Gunakan water gun yang bisa mengunci aliran air dengan mudah dan jangan menggunakan model yang diputar, karena bisa menyulitkan.

2. Sambung selang ke mesin pompa air
Mesin pompa air memiliki tekanan yang tinggi, dan bisa menyemprotkan aliran air dengan kencang, sehingga bisa membuang debu yang menempel pada filter. Sambung selang ke mesin pompa, lalu kunci kembali dengan klem.

Jika persiapan telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah proses pembersihan mesin ac indoor dan outdoor.

Membersihkan filter ac indoor dan outdoor


Cara membersihkan mesin ac

1.Buka filter mesin ac indoor
Pertama yang harus dilakukan adalah membuka filter mesin ac indoor, dengan cara membuka penutup ac indoor lalu menarik filter yang menempel pada atas mesin.

Filter ini sangat mudah dilepas dengan cara menarik langsung, tapi harus hati-hati juga agar debu tidak jatuh ke dalam mesin.

2. Bersihkan filter mesin ac indoor
Bersihkan filter dengan cara di semprot air yang sudah menggunakan water gun, lakukan dengan cermat sampai ke bagian sudut filter sampai bersih.

Setelah filter bersih, kering kan dengan cara di angin angin kan atau di jemur di tempat teduh. Setelah selesai dan filter yang sudah kering sudah dimasukkan kembali ke mesin ac indoor, langkah selanjutnya adalah membersihkan mesin ac outdoor.

Baca juga: Harga serta ulasan mesin giling ikan jenis engkol dan otomatis


Cara membersihkan mesin ac

3. Bersihkan mesin ac outdoor
Kompresor AC yang sering dipakai, pasti mengalami kotor karena debu yang menempel. Hal tersebut bisa sobat lihat di lubang filter kompresor, jika sudah berdebu, sudah saatnya dibersihkan.

Siapkan water gun yang sudah terhubung dengan mesin pompa air, letakkan bak atau ember dibawahnya untuk menampung air bekas semprotan ( biar gak becek sobat ).

Semprot bagian belakang kompresor terlebih dahulu, lakukan dari atas lalu kebawah dan ulangi sampai benar-benar bersih.

Semprot bagian depan kompresor ac outdoor, jika kipas selalu berputar, gunakan obeng panjang untuk menahan gerakan kipas. Bersihkan dengan cermat, kalau perlu ulangi sampai benar-benar bersih.

Setelah selesai proses membersihkan mesin ac indoor dan outdoor, sekarang tinggal membersihkan ceceran air menggunakan lap atau kanebo dan biarkan kering secara alami.

Itulah tips cara membersihkan mesin ac indoor dan outdoor, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon