Jumat, 10 Februari 2017

Apakah Jenis Black Opal Perselen Keluar Jarong dan bagaimana Prosesnya

Apakah jenis black opal porselen keluar jarong, dan bagaimana prosesnya - Black Opal, salah satu batu akik legenda yang banyak dicari para pecinta akik selain batu bacan. Warna hitam mengkilap yang menjadi ciri utama akik tersebut, kadang sering dikatakan dengan porselen oleh sebagian orang.

Lalu apakah semua akik black opal bisa porselen? Jawaban nya tentu bisa. Tapi membuat akik black opal porselen, tentu bukan persoalan mudah.

black opal porselen

Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya sobat harus tahu terlebih dahulu, apakah yang dimaksud black opal porselen.

Black opal porselen
Nama akik ini biasa disebut oleh para pecinta akik karena permukaan batu yang memang terlihat seperti sebuah keramik porselen. Sobat tentu tahu, sebuah porselen memiliki permukaan yang licin dan kinclong serta tidak terlihat cacat sama sekali.

Karena permukaan yang licin dan mulus serta kinclong, maka jenis black opal yang memiliki kriteria tersebut dinamakan akik black opal porselen.

Apakah jenis black opal porselen bisa keluar jarong?


Mengenai pertanyaan diatas, tentu Saya menjawab bisa. Sebab, black opal bila sudah mencapai tahap kristal, akan bisa merubah permukaan batu menjadi licin dan mulus. Hal ini ditandai dengan mengkilap nya permukaan batu, bila di gosok dan di poles.

Banyak sekali Saya temui, akik black opal porselen keluar jarong yang indah dan bersifat permanen serta tidak timbul tenggelam, seperti jenis black opal lain.

Bagaimana proses keluar jarong black opal porselen?


Jarong yang ada dalam black opal porselen, bersifat beda dengan jenis akar maupun sempur. Biasanya jarong yang muncul berasal dari dalam dan bukan dari permukaan maupun berasal dari lumpur black opal.

Sifat jarong black opal porselen, lebih mirip dengan jarong pada akik kalimaya, yang mana sifat dan tempat muncul jarong tersebut berada dari dalam dan terlindung oleh permukaan yang porselen.

Proses awal yang dilalui jenis black opal porselen dalam mengeluarkan jarong, dimulai dengan muncul nya getah atau jelly putih dipermukaan batu. Walau pun muncul dipermukaan, getah kayu ini tidak bisa di raba oleh tangan, hanya bisa terlihat oleh mata.

Selanjutnya, getah akan ber proses menjadi titik-titik warna, lalu seiring waktu berjalan akan melebar dan indah dengan sendirinya.


Umum nya, warna awal jarong black opal porselen adalah merah, kemudian hijau lalu biru dan diakhiri dengan warna kuning.

Setelah warna menjadi bagus, kemudian permukaan akan menjadi bertambah kristal, sehingga bisa tembus cahaya lampu senter.

Demikian ulasan tentang apakah jenis black opal porselen keluar jarong dan bagaimana prosesnya, bisa bermanfaat. Salam gemslover.

2 comments

assalamu'alaikum kang deni...
saat ini saya melalui proses treatmen dgn di rebus pakai air garam sama sirih, apakah bisa diselamatkan dari resiko...
terimakasih...

Waalaikum salam kang bubul, maksudnya risiko apa ya, merebus dengan garam dan sirih bisa juga karena berharap kandungan minyak atsiri dalam sirih akan masuk ke dalam black opal. Namun harus diingat, jangan terlalu lama merebus, cukup untuk membuka pori-pori batu saja kang. Terima kasih sudah membaca dan semoga memberi pencerahan. :)

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon