Kamis, 15 Desember 2016

5 Tempat Wisata Museum di Jakarta yang Harus di Kunjungi

5 tempat wisata museum di jakarta -Berlibur untuk melepaskan penat karena aktifitas kerja setiap hari, merupakan jalan terbaik untuk menghilangkan stres. Banyak tempat wisata yang memberikan edukasi sekaligus rekreasi yang bisa kita pilih, untuk menghabiskan libur panjang, salah satunya adalah museum.

Bagi sobat yang merasa bosan dengan tempat wisata biasa, mengunjungi museum dikala musim liburan atau pun weekend perlu sesekali dicoba. Bukan hanya bisa melepaskan stres, pengetahuan pun bisa didapatkan.

Menurut salah seorang pakar pendidikan, belajar sambil bermain masih menjadi konsep belajar nomor satu, karena bisa mendidik otak kanan agar menjadi lebih tajam. Dengan mengunjungi museum, sobat dan keluarga bisa merasakan sesuatu yang berbeda dalam mengisi waktu libur.

Nah untuk sobat yang mau melakukan wisata sambil belajar, berikut ini adalah beberapa museum di kota Jakarta yang wajib sobat kunjungi.

5 tempat wisata museum di Jakarta yang bisa membuat anak pintar



1. Museum Gajah mada / museum Nasional
Terletak di pusat kota dan berbatasan dengan tugu Monas serta jalan Harmoni, tepatnya jalan Medan Merdeka Barat no. 12 Jakarta pusat, museum Gajah mada siap menanti kedatangan para pengunjung.

Koleksi berbagai peninggalan kerajaan kuno, serta relief, arca, tekstil serta benda bersejarah, menjadi daya tarik museum ini. Jam buka selasa sampai jum'at, mulai 08 pagi sampai jam 04 sore. Sabtu minggu jam 08 pagi sampai 05 sore. Khusus hari senin dan libur nasional tutup.

Harga tiket masuk museum Nasional / museum Gajah mada.
  • Dewasa Rp. 5.000
  • Anak-anak Rp. 3.000
  • Rombongan Rp. 3.000
  • Pelajar Rp. 1.000
  • Warga negara asing/WNA Rp. 10.000

2. Museum Bahari
Terletak di Jalan pasar ikan no.1 Sunda kelapa Jakarta utara, museum bahari selalu menjadi tempat wisata favorit anak-anak sekolah. Berbagai ilmu tentang sejarah dunia kemaritiman Indonesia, bisa didapat dan dipelajari di sini.


Koleksi museum Bahari seperti replika perahu pinisi, berbagai kapal laut sejak jaman Belanda dan kapal nelayan, dan segala hal tentang kelautan ada disini.

Jam buka selasa sampai minggu mulai 09 pagi sampai 03 sore, hari senin dan libur nasional tutup.

Harga tiket masuk museum Bahari
  • Dewasa 5000
  • Mahasiswa 3000
  • Pelajar 2000



3. Museum layang-layang
Terletak di daerah Jakarta selatan, tepatnya di Jalan H. Kamang no. 38 Pondok labu. Koleksi layang-layang di museum ini mencapai 500 lebih, mencakup buatan Indonesia dan juga luar negeri. Tempatnya yang agak tersembunyi, memang sulit diketahui oleh orang banyak.

Tapi, jika sudah mencapai tempat ini, pemandangan akan masa kecil akan kembali diungkap lewat koleksi layang-layang yang ada. Biasanya para pengurus juga akan memberikan kursus gratis, untuk setiap pengunjung yang datang dan mencoba membuat layang-layang.

Jam buka setiap hari mulai pukul 09 pagi sampai 03 sore, hari libur nasional tutup.

Harga tiket masuk museum layang-layang
  • Dewasa 10 ribu
  • Anak-anak Gratis



4. Museum tekstil
Sesuai namanya, museum tekstil menyuguhkan berbagai koleksi bahan tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Sobat pun bisa belajar membuat batik atau kain tenun, pada waktu tertentu yang disediakan oleh pengurus.

Terletak di Jalan Aipda KS Tubun no. 2-4 Tanah abang, Jakarta pusat, museum ini buka setiap hari selasa sampai minggu jam 09 pagi sampai 03 sore, hari senin dan libur nasional museum tutup.

Harga tiket masuk museum tekstil
  • Dewasa 5000
  • Mahasiswa 3000
  • Pelajar 2000



5. Museum Fathillah
Terletak di tengah kota tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah no. 1 Jakarta Barat, museum ini sangat layak untuk dikunjungi. Berbagai ornamen khas tempo dulu, menjadi saksi bisu perlawan rakyat Indonesia ketika melawan penjajah.

Museum Fathillah yang tak jauh dari tempat wisata kota tua, bisa dikunjungi untuk mengisi liburan panjang serta weekend bersama keluarga. Jam buka hari selasa sampai minggu, pukul 09 pagi dampai 03 sore.

Harga tiket masuk museum Fatihillah
  • Perorang Rp. 2000


Itulah 5 museum di Jakarta yang harus dikunjungi, sebab bisa membuat kita dan anak-anak lebih tahu akan berbagai sejarah di Indonesia. Selamat berlibur.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon