Minggu, 25 Desember 2016

2 Cara Merawat Akik Kalimaya yang Sering di Pakai Para Gemslover

Tags

Membuat kalimaya menjadi bening dengan perawatan singkat, menjadi suatu hal yang mungkin saja terjadi. Dengan teknik dan cara merawat dibawah ini, batu akik kalimaya akan bisa berubah menjadi bening hanya dengan hitungan bulan. Ingin tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi, simak dan baca terus artikel ini sampai habis.

Secara ilmu gemologi, akik kalimaya dikenal sebagai batu alam yang memiliki warna serta tingkat kristal tinggi. Berbagai jenis kalimaya bisa sobat temukan memiliki kilau warna dari permukaan sampai sisi bawah, samping kanan dan samping kiri.

2 cara merawat akik kalimaya

Kilau warna dalam batu kalimaya dikenal dengan istilah jarong, bentuk jarong juga ber macam-macam tergantung jenis kalimaya dan bagaimana cara sobat dalam merawatnya.

Umum nya jenis treatment kalimaya berdasarkan pengamatan Saya pribadi ada dua versi, pertama treatment basah dan kedua treatment kering. Bagaimana detail dua treatment kalimaya diatas, berikut penjelasannya.

1. Treatment kalimaya dengan teknik basah


Cara treatment akik kalimaya jenis ini, mengandalkan cairan yang diletakkan dalam wadah dengan cara merendam batu kalimaya dalam jangka waktu tertentu. 

Cairan yang digunakan, bisa berupa air atau juga minyak. Keduan cairan tersebut dapat membantu perkembangan jarong pada akik kalimaya, bila dilakukan secara konsisten.

Pada beberapa eksperimen teknik rendam kalimaya, membutuhkan bantuan panas dari sang surya. Udara panas akan membuat air rendaman menguap dan disini lah keajaiban terjadi.

Proses penguapan akan membawa bibit jarong naik ke permukaan, lalu seiring waktu berjalan akan berkembang menjadi sebuah kilau warna yang sangat indah. Sobat penasaran dengan treatment kalimaya teknik basah, silahkan mencoba dan buktikan sendiri.

2. Treatment kalimaya dengan teknik kering


Berbeda dengan teknik treatment basah, cara merawat kalimaya dengan metode kering banyak digunakan untuk kalimaya yang sudah diikat emban cincin. Sebab agak repot, bila merawat cincin kalimaya dengan teknik rendam.

Cara yang digunakan juga cukup mudah, hanya memakai cairan sejenis minyak bayi lalu di oles kan ke permukaan kalimaya. Selain minyak, para pecinta kalimaya juga menggunakan keringat tubuh, yang langsung dioles ke permukaan cincin.

Manfaat yang di dapat dari treatment kalimaya kering

Menurut survey dari teman-teman pecinta kalimaya, treatment kering lebih mudah dilakukan, karena batu masih bisa dipakai dalam aktifitas sehari-hari. Mereka berasumsi bahwa dengan treatment kering dan sering dipakai di jari tangan, kalimaya akan cepat berproses menjadi jarong.

Manfaat yang di dapat dari treatment kalimaya basah

Beberapa orang menganggap bahwa teknik treatment basah dengan cara rendam, lebih efisien karena cukup disimpan dalam wadah dan dibiarkan dalam jangka waktu tertentu.

Hasil yang didapat juga terlihat lebih natural, karena titik jarong akan lebih hidup serta permainan warna lebih terang.

Kesimpulan

Dua teknik dan cara merawat akik kalimaya diatas, sudah pernah Saya lakukan dan memang bisa membuat jarong keluar dengan indah serta dapat meningkatkan level kristal lebih bagus lagi.

Walaupun terlihat mudah dan simpel, cara treatment diatas butuh keseriusan sobat dalam melakukan nya. Dan yang paling penting, pastikan bahan batu kalimaya memiliki kualitas bagus. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon