Sabtu, 22 Oktober 2016

4 Daerah Penghasil Batu Giok Terbesar Di Indonesia

Halo sobat goresan pemikiran, batu giok menjadi salah satu magnet sendiri bagi pecinta akik. Warna hijau yang indah serta aneka serat yang unik menjadi salah satu ciri khas dari batu giok,

Tahu kah sobat, bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki jenis batu giok yang berbeda?

Sebagai contoh adalah bahan batu giok dibawah ini, serat yang menyebar di permukaan batu dan warna hijau muda biasa nya berasal dari pulau Sumatera.


Untuk melengkapi ulasan tentang batu giok, berikut ini Saya ulas beberapa daerah yang banyak terdapat akik giok yang harus pecinta akik ketahui.

1. Jawa Barat

Daerah propinsi Jawa barat yang memiliki ibukota Bandung, Selain dikenal sebagai kota fashion juag terkenal akan kekayaan alam berupa batu akik dengan jenis giok.

Kabupaten Garut yang merupakan bagian dari propinsi jawa barat, banyak terdapat batu giok. Sebut saja Batu garut bungbulang, garut ohen dan garut cincau.

Semua batu akik yang disebutkan diatas, identik dengan warna hijau dan sangat bagus dijadikan aksesoris cincin maupun liontin.

2. Sumatera Barat

Pernah mendengar tentang batu akik sungai dareh, ya.. batu tersebut memiliki warna hijau indah dan banyak dijadikan mata cincin oleh pecinta akik.

Konon menurut sumber yang dipercaya, kandungan batu giok di propinsi ini sangat banyak dan hampir seluruh daerah memilikinya.

Warna hijau akik giok dari daerah Sumatera Barat, lebih muda bila dibandingkan dari propinsi Jawa Barat. Namun, tidak mengurangi keindahan dari batu tersebut.

3. Aceh

Propinsi yang terkenal dengan batu solar ini, ternyata menyimpan batu giok dengan jumlah banyak di dalam tanah.

Bongkahan besar batu dengan warna hijau, banyak terdapat didalam hutan baik yang dikelola Perum Perhutani maupun yang masih alami.

Warna hijau akik giok dari daerah ini, cukup memikat pecinta akik di jakarta. Banyak pedagang di sentra pasar akik rawa bening, menjual bahan batu maupun cincin giok asal aceh dengan harga yang lumayan dan bisa ditawar.

4. Irian Jaya

Kalau sobat pernah melihat akik giok dari daerah ini pasti kaget, karena warna yang ditampilkan cukup unik. Pernah suatu saat Saya di kasih bahan batu giok asal Irian jaya, setelah dibentuk hasilnya sangat bagus dan tembus hingga 800 ribu.

Serat dan corak giok Irian jaya, terletak pada warna hijau yang pekat dan mirip seperti lumut yang ada pada dinding lembab.

Bila dijadikan mata cincin, bisa menjadi salah satu aksesoris jari tangan yang sangat menarik.

Baca juga: Cara ampuh merawat batu nefrit papua
Itulah beberapa daerah penghasil batu giok yang ada di Indonesia. Masing-masing daerah, memiliki warna serta serat yang berbeda dan menjadi ciri khas yang bisa dibedakan dengan mudah.

Jadi tertarik ingin memiliki batu cincin giok? Silahkan kunjungi tempat penjual akik di kota sobat dan lihat sendiri, apakah ulasan Saya ini benar atau tidak.

Menurut Saya, kekayaan alam berupa aneka batu akik masih banyak dan belum tersentuh oleh pihak asing. Oleh sebab itu jaga dan rawat, sebelum diakui oleh negara lain.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan, khususnya bagi sobat yang menyukai cincin batu akik. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon