Sabtu, 03 September 2016

Kumpulan Cara Merawat Akik Yang Mudah dan Hasilnya Luar Biasa

Cara merawat akik - Sebuah cincin akik yang telah terawat akan memiliki tampilan bagus dan terbaik. Perkataan tersebut, sering diucapkan oleh salah seorang kolektor batu akik ternama dalam negeri ini.

Hal tersebut ada benar nya, karena sebuah cincin yang memiliki kualitas terbaik, tak luput dari performa tampilan permukaan yang berkilau dan memiliki giwang air.


Apa saja yang harus dilakukan agar cincin akik memiliki tampilan terbaik?

Jika sobat tertarik, pasti memiliki hobi yang sama dengan Saya. Untuk itu, simak ulasan dibawah ini.

Sebuah batu akik, memiliki unsur mineral yang bisa mengeras dan pada tahap ini disebut dengan kristal.

Bagaimana agar unsur mineral batu akik bisa kristal, tentu saja harus melakukan perawatan. Kecuali sobat memiliki bahan batu yang sudah kristal dari asalnya, kalau batu bacan disebut dengan bacan gisoro.

Cara Merawat Akik yang Mudah


1. Cara merawat akik teknik rendam


Cara dan teknik jenis ini, sudah tidak asing lagi di mata para gemslover. Karena, sudah bukan rahasia umum, bila sebuah akik di rendam menggunakan air dalam wadah.

Proses rendam ini, akan membuat unsur mineral menjadi lunak dan seiring waktu berjalan akan mengeras sendiri, bila diangkat dari wadah rendaman.

Caranya cukup sederhana, sediakan wadah untuk penampungan air, lalu masukkan batu akik. Setelah itu, rendam akik hingga jangka waktu 2 sampai 3 bulan. Hasil nya, akik yang di rendam akan berubah menjadi bagus.

Setiap bahan batu atau akik yang melakukan treatment ini, mendapat kan hasil yang berbeda. Karena, setiap akik memiliki elemen mineral yang berbeda.

2. Cara merawat akik teknik gosok poles


Jenis cara merawat akik yang satu ini, tidak menggunakan media benda cair. Namun menggunakan energi panas statis, yang dihasilkan dua benda.

Biasanya alat yang digunakan berupa kulit hewan sapi yang kering, bahan perca serta kertas intan.

Caranya juga terbilang mudah, sobat cukup menggosok batu akik dengan salah satu alat yang disebutkan diatas secara perlahan selama kurang lebih 10 menit.

Hasil yang diperoleh cukup lumayan bagus, karena energi panas akan tersalurkan ke dalam batu akik, sehingga bisa menjadi bagus.



3. Cara merawat akik dengan bambu


Jenis treatment yang satu, merupakan hasil dari para sesepuh akik pada jaman dahulu. Cara tradisional gosok akik dengan bambu sudah dilakukan puluhan tahun dan hasilnya bisa membuat batu menjadi mengkilap.

Caranya juga cukup mudah, sobat hanya perlu menggosok batu akik dengan permukaan bambu selama 15 menit. Hasil nya bisa membuat kilau serta kristal batu akik.

4. Cara merawat akik dengan air es


Jenis treatment yang satu ini, sudah memiliki khasiat yang tidak diragukan lagi. Biasanya setiap akik akan mengalami perubahan warna yang bagus dan menjadi lebih terang.

Beberapa pecinta akik yang Saya kenal juga tidak tahu sebab nya, kenapa setiap kali akik di beri suhu dingin akan berubah warna. Mungkin, karena faktor mineral akik akan merespon dengan baik, bila terkena udara dingin.

Sobat tertarik dengan treatment ini dan ingin tahu caranya?

Sediakan tempat untuk menampung akik, bisa berupa plastik atau piring, lalu letakkan dalam lemari es dan jangan di freezer, biarkan di dalam selama belum digunakan atau di bentuk.

Sebagai catatan, cara ini khusus untuk bahan akik yang sudah di bentuk dan bukan cincin akik. Karena udara dingin bisa membuat ikatan cincin menjadi tidak bagus. Apalagi bahan emban berasal dari alloy, pasti terasa bau yang tidak enak keluar dari lemari es sobat.

5. Cara merawat akik dengan minyak


Jenis treatment yang satu ini, biasa dilakukan oleh pecinta akik untuk batu dengan jenis badar asam, badar kelor, badar besi, badar emas dan segala jenis akik badar lainnya.

Biasanya, cara ini mampu memberikan batu akik semacam  zat untuk lebih terlihat berminyak. Walaupun terlihat sepele, namun banyak pecinta akik menganggap hal ini merupakan cara yang tepat dan hasil nya bagus.

Apalagi teknik cara merawat akik dengan minyak sering di jemur di panas matahari, pasti hasil nya lebih cepat mengkilap dan kristal.

Sobat tidak percaya? 

Coba lihat para pedagang akik di pasar rawa bening, mereka menjajakan bahan akik di mobil dan trotoar bukan karena ingin dagangan nya lebih terlihat pembeli, namun agar akik bisa langsung terkena hawa panas matahari dan bahan akik bisa lebih mudah ber proses.

Kesimpulan

Sekalipun banyak yang beranggapan bahwa cara-cara merawat diatas sudah tidak ampuh lagi, namun tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa cara merawat akik diatas masih ampuh dan bagus.

Sekali lagi, bagus nya sebuah akik, tergantung dengan cara sobat dalam merawat nya. Dan harapan Saya, sobat bisa lebih menghargai akik karena sudah menjadi ikon dan hobi orang asli Indonesia.

Semoga info singkat tentang cara merawat akik, bisa bermanfaat. Salam gemslover.