Minggu, 04 September 2016

Kumpulan Cara Merawat Akik Garut Yang Sangat Recomended

Cara merawat akik Garut - Sebuah batu akik asal Garut atau disebut juga batu Garut, bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan, bila di rawat dengan bauk dan benar.

Dalam sejarah batu akik, batu Garut memiliki reputasi yang lumayan baik. Sebab, warna yang dimiliki batu tersebut sangat menarik untuk dijadikan aksesoris di jari tangan.

Selain warna hijau yang indah, akik Garut memiliki varian jenis batu yang bisa sobat miliki. Sebut saja, panca warna edong dan Garut kuning.

kumpulan cara merawat akik garut

Kandungan unsur dalam batu Garut memiliki mineral chalcedon, yang bisa sangat bagus bila sudah mencapai titik kristal yang tinggi.

Tingkat kristal dalam batu Garut, bisa menjadi bagus dengan dua cara. pertama karena memang sudah matang dai bahan batunya, kedua melalui tahap perawatan yang baik.

Berbagai cara merawat batu garut, sudah saya ulas dalam blog ini. Namun, pada kesempatan kali ini akan Saya rangkum menjadi satu dalam ulasan kali ini.

Cara Merawat Akik Garut Dengan Air Kelapa

Bagi sobat yang mempunyai hobi akik, pasti mengetahui tentang manfaat air kelapa untuk batu Garut. Selain bisa memperindah tampilan batu, air kelapa juga bisa membuat level kristal menjadi lebih bagus secara alami.

Kandungan mineral ion alami yang serupa dengan cairan tubuh manusia dalam air kelapa, bisa di respon dengan baik oleh batu Garut dengan jenis bung bulang atau hijau.

Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu menyiapkan wadah atau tempat rendam, lalu masukkan air kelapa serta masukkan batu Garut. Rendam selama kurang lebih 1 bulan, lalu lihat hasilnya. 

Secara teori, batu Garut akan menjadi lebih bagus dari sebelumnya. karena semakin bagus, prinsip ekonomi berlaku dalam hal ini, yaitu harga jual juga mengalami kenaikan.

Cara Merawat Akik Garut Dengan Air PH tinggi

Air dengan kandungan ph yang tinggi, menjadi salah satu sarana bagi akik Garut mengalami proses kristal. 

Kandungan mineral dalam air ph tinggi sangat disenangi oleh batu Garut karena relatif ringan dan banyak mengandung oksigen didalamnya. 

Memang dalam membeli air ph tinggi, sangat sulit dan harganya terbilang cukup mahal. Tapi sobat tidak usah khawatir, sebab sekarang banyak dijual di mini market pinggir jalan.

Dengan merawat batu garut menggunakan air ph tinggi, akan membuat bagus batu tersebut dalam hitungan bulan.

Caranya cukup mudah, yaitu sediakan wadah rendam, masukkan air ph tinggi, lalu masukkan batu Garut, rendam selama 3 bulan.

Bila sobat susah menemukan wadah yang tepat, cukup masukkan saja batu Garut ke dalam botol air ph tinggi, tutup rapat dan simpan di tempat yang aman.


Baca juga: Cara memilih bahan batu pancawarna garut


Cara Merawat Akik Garut Dengan Air Sumur

Cara merawat Garut jenis ini, hampir sama dengan air ph tinggi. Fungsinya adalah membuat batu semakin bagus dengan cara menyerap seluruh mineral yang terkandung dalam air.

Berhubung air sumur bisa dengan mudah ditemukan dan gratis, cara merawat Garut jenis ini sangat disukai pecinta akik Garut.

Cara Merawat Akik Garut Dengan Minyak

Jenis cara merawat akik Garut dengan minyak, hanya dilakukan bila batu sudah diikat menjadi mata cincin. 

Jenis minyak yang digunakan antara lain, minyak bayi dan minyak zaitun. Kedua jenis minyak ini tidak mengandung hawa panas dan baik untuk pertumbuhan batu.

Perawatan nya pun terbilang cukup mudah, yaitu cukup oles permukaan cincin batu Garut dengan salah satu dari kedua minyak diatas, lalu biarkan kering dengan sendiri.



Dari cara merawat akik Garut yang Saya sampaikan diatas, bisa sobat pilih lalu gunakan untuk merawat batu yang dimiliki. 

Bila merawat menggunakan bahan batu Garut, biasanya juga tak jauh berbeda. Hanya sukup sesuaikan banyak dan tidaknya media yang digunakan.

Semoga info singkat tentang kumpulan cara merawat akik Garut yang sangat recomended bisa bermanfaat, khususnya bagi pecinta akik Garut. Salam gemslover.