Kamis, 01 September 2016

7 Cara Merawat BLACK OPAL Paling Mujarab dan Terbukti

Halo sobat goresan pemikiran, batu black opal memiliki daya tarik sendiri bagi pecinta nya. Mulai dari anak muda sampai orang tua suka dengan batu asal Banten tersebut.

Cara merawat black opal juga terbilang mudah, hanya perlu sedikit ketekunan dari sang pemilik batu untuk merawat agar bisa mengeluarkan jarong yang indah.

Berikut ini Saya rangkum beberapa cara merawat black opal yang terbukti ampuh mengeluarkan jarong.

7 cara merawat black opal


1. Cara merawat black opal dengan minyak bayi


Minyak bayi atau baby oil, biasa digunakan untuk memandikan bayi yang masih berumur dibawah 1 tahun. Selain kandungan nya yang lembut, ternyata minyak ini bisa untuk merawat black opal.

Caranya sebagai berikut, masukkan minyak bayi pada cawan yang terbuat dari tembaga, lalu masukkan batu black opal. 

Rendam selama 1 bulan, sambil di jemur setiap pagi selama 1 sampai 3 jam, angkat dan rendam kembali.

2. Cara merawat black opal dengan minyak kayu putih


Minyak kayu putih, biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Dengan khasiat yang sama, bisa juga untuk mengeluarkan jarong black opal.

Sifat black opal yang membutuhkan hangat, bisa digantikan dengan minyak kayu putih. Untuk batu black opal, cukup lakukan treatment berikut ini.

Siapkan wadah dari apa saja, masukkan black opal, lalu rendam selama 1 bulan. Treatment ini sangat bagus, bila diselingi dengan jemur batu 1 jam pada saat pagi hari.

3. Cara merawat black opal dengan air mineral, air sumur, air hujan


Tidak dipungkiri, bahan batu black opal berasal dari batang kayu yang telah berumur puluhan tahun. Karena berasal dari kayu, wajar bila membutuhkan air dalam setiap prosesnya. 

Cara merawat menggunakan media air tersebut, sering dikatakan banyak berhasil namun memang membutuhkan waktu yang lama.

Caranya sebagai berikut, Beli air mineral, buka tutup nya lalu masukkan batu black opal, simpan ditempat yang terkena matahari langsung untuk hasil terbaik.

4. Cara merawat black opal dengan minyak Gpu, minyak Gosok, minyak Ambon


Minyak yang Saya sebutkan diatas, memiliki hawa panas yang cukup menyengat, maka cara untuk treatment nya sedikit berbeda dengan minyak biasa.

Bila sobat tertarik, berikut adalah cara nya.

Siapkan wadah yang terbuat dari besi, masukan salah satu diantara minyak diatas. masukkan black opal, lalu rendam selama 1 bulan lebih. 

Untuk teknik cara merawat ini, tidak memerlukan jemur matahari, karena sudah mengandung hawa panas yang cukup.

5. Cara merawat black opal dengan teh basi


Menurut sesepuh akik yang Saya kenal, menggunakan teh basi sangat bagus untuk menimbulkan jelly atau getah dan jarong secara cepat.

Kandungan teh yang alami akan mengeluarkan minyak esensial, sehingga bisa bermanfaat untuk black opal.

Caranya sebagai berikut, Gunakan ampas teh tubruk, simpan selama 2 hari agar keluar asam. Masukkan black opal dan rendam selama 2 bulan. 

Pada minggu ketiga, black opal akan mengalami perubahan serta mengangkat getah ke permukaan, lalu seterusnya akan mengalami evolusi warna.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya setelah 2 bulan, di jemur selama 2 jam pada pukul 10 pagi.

6. Cara merawat black opal dengan lampu pijar


Untuk yang satu ini, tidak memakai hawa panas dari matahari karena sudah memiliki panas dari lampu pijar.

Cara ini sangat cocok untuk merawat bahan black opal jenis sempur dan bagi yang tidak memiliki waktu dalam menjemur.

Caranya sebagai berikut, Siapkan wadah kotak, lapisi dengan aluminium foil sekelilingnya. Masukkan wadah dan isi dengan minyak bayi, rendam black opal setengah badan dan letakkan dibawah lampu pijar 5 watt.

Jarak antara lampu dengan wadah black opal adalah 30 cm, namun bisa diperpendek bila bahan batu belum mengeluarkan bibit jarong.

7. Cara merawat black opal dengan teknik bakar sate


Cara ini terbilang cukup ekstrem, namun hasil yang didapat sangat memuaskan. Beberapa kawan pedagang black opal sering menggunakan cara ini, alhasil batu bisa mengeluarkan jarong dengan bagus.

Caranya sebagai berikut, rendam black opal dengan minyak bayi, lalu siapkan bungkus aluminium bekas rokok. Masukkan kapas, masukkan batu black opal dari rendaman ke dalam kapas. 

Bungkus dan lipat menyerupai permen, lalu bakar di arang yang sudah membara. Lakukan selama kurang lebih 10 menit, diamkan sampai dingin, buka dan rendam dalam minyak bayi semalaman.

Bila berhasil, keesokan harinya black opal sudah menimbulkan jarong yang indah di permukaan batunya. 

Itulah beberapa cara merawat black opal yang Saya ketahui dan selama ini sangat bagus untuk menimbulkan jarong serta jelly pada permukaan batu.

Semoga bisa bermanfaat dan salam gemslover.

4 comments

bang, saya d kasih batu hitam ud keluar jarongnya, ketika saya jemur malah belah jd 2, ketika saya gosok untuk merapikan bwntuknya, ga taunya malah jd kalimaya biru, keras lg batunya, apa cukup d rendam air oksigen untuk merawatnya???

Tergantung gan, kalau menurut saya cara tersebut lebih alami dan hasilnya juga lebih bagus. tapi kalau agan mau memakai cara lain, silahkan saja. contoh menggunakan minyak. thanks

bang, saya ada kalimaya coklat tp ada jelly ruyungnya, batunya keras, perawatan yg bgs pake minyak apa air???

Bagus nya pakai air gan Yudras, kalau sudah keras bahan nya, biasanya gak terlalu lama juga sudah ada hasilnya.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon