Kamis, 01 September 2016

10 Teknik dan Cara Merawat Bacan Paling Ampuh

Cara merawat bacan - Salah satu batu akik legenda adalah bacan, batu ini sempat mencapai nilai jual yang sangat fantastis hingga ratusan juta rupiah. Jadi wajar saja, bila batu akik legenda disematkan pada bacan.

Mengenai cara merawat bacan, banyak sekali macam cara serta teknik yang digunakan. Baik yang bersifat alami, hingga yang bersifat ekstrem.

Bagi pemilik bacan, mengenal cara merawat batu tersebut menjadi sebuah keharusan. Terlebih jika sobat memiliki banyak bahan batu bacan yang belum jadi, pasti melakukan treatment bacan.

10 cara merawat bacan ampuh

Untuk melengkapi tips cara merawat bacan, berikut ini Saya rangkum beberapa teknik cara merawat yang ampuh dan sudah terbukti.

1. Cara merawat Bacan dengan air oksigen


Cara merawat bacan menggunakan air oksigen, banyak disukai para pecinta bacan. Hal ini dipengaruhi hasil akhir yang sangat natural, bila dibandingkan dengan treatment yang menggunakan bahan lain.

Konon batu bacan akan terlihat lebih bening dan warna lebih bagus, bila dirawat menggunakan air oksigen.

Caranya adalah sebagai berikut:
Siapkan botol air oksigen, embun kan botol semalam lalu masukkan batu bacan ke dalam nya. Rendam dan simpan bacan diatas lemari, hingga beberapa bulan.

Berhubung treatment tersebut menggunakan botol yang lubang nya kecil, jadi tidak bisa menggunakan batu yang besar dan cara ini tidak perlu menggunakan panas matahari.

2. Cara merawat Bacan dengan minyak zaitun


Menggunakan minyak adalah salah satu cara untuk membuat bacan menjadi lebih keras. Berhubung banyak sekali bahan bacan masih muda, sehingga perlu dikeraskan dahulu sebelum di bentuk.

Cara perawatan nya sangat mudah, sobat hanya perlu membeli minyak zaitun lalu lakukan treatment dibawah ini.

Siapkan wadah, masukkan batu bacan, tuang minyak zaitun ke dalam wadah, tutup rapat, lalu simpan selama 2 sampai 3 bulan.

3. Cara merawat Bacan dengan air sumur


Cara treatment bacan ini, sangat mudah dan tak perlu biaya dalam melakukan nya. Namun, sobat hanya perlu konsisten dalam menjalankan nya.

Bila sobat tertarik, berikut ini adalah bahan serta hal yang harus dilakukan.

Siapkan wadah, isi dengan air sumur lalu masukkan bacan. Rendam selama 3 bulan, sambil di jemur setiap jam 8 sampai 9 pagi.

Hasil dari treatment ini memang tidak bisa cepat, karena kandungan mineral air sumur tidak sebanyak air oksigen. Namun dari segi biaya, terbilang murah meriah.

4. Cara merawat Bacan dengan torn air


Bagi sobat yang memiliki penampungan air dirumah seperti torn, bisa melakukan teknik ini. Hasil yang didapat, bisa dengan cepat membuat hijau bahan bacan dan membuat keras, sehingga mufah di bentuk.

Cara perawatan torn sangat mudah, cukup masukkan bacan ke dalam penampungan air dan biarkan selama belum mau di bentuk.

Dengan me manfaat kan sirkulasi air masuk dan air keluar, bacan akan mendapat mineral yang banyak sehingga proses lebih cepat.

5. Cara merawat Bacan dengan aquarium


Cara treatment ini hampir serupa dengan teknik torn air, namun untuk melengkapi artikel ini, tidak ada salah nya saya ulas kembali.

Siapkan aquarium yang menggunakan filter air, masukkan bacan di dalam filter air dan biar kan batu terguyur air aquarium setiap waktu.

Cara ini akan membuat keras bahan bacan muda, dan menimbulkan warna biru serta hijau dengan cepat.

6. Cara merawat Bacan dengan baby oil


Cara dan teknik merawat bacan ini, sangat membutuhkan perhatian sobat. Karena menyangkut masa depan bacan itu sendiri, jika sukses, hasil nya sangat memuaskan.

Caranya adalah sebagai berikut, cukup oles kan minyak bayi di permukaan bacan, lalu jemur selama 1 jam atau lebih. Angkat dan simpan di tempat yang aman.

Cara ini biasa dipakai, para pemain bacan yang sudah membentuknya menjadi mata cincin atau sudah diikat cincin.

7. Cara merawat bacan dengan minyak kemiri


Minyak kemiri, bisa membantu mengeraskan unsur mineral bacan dalam hitungan minggu. Oleh sebab itu, minyak ini sering digunakan para pemain bacan.

Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu melakukan hal berikut ini.

Siapkan cawan lalu masukkan minyak kemiri, masukkan bacan lalu rendam semalam. Besok nya angkat bacan, lalu jemur 2 jam pada pagi hari, lakukan dengan rutin.

8. Cara merawat Bacan dengan gosok kulit


Cara merawat bacan yang satu ini, hanya untuk batu yang sudah di bentuk dan menjadi mata cincin. Sebab, bila masih bahan, tidak bisa melakukan treatment ini.

Caranya sangat mudah, cukup siapkan kulit kering di tangan kanan dan siapkan cincin bacan di tangan kiri. Lalu mulai gosok secara perlahan hingga bacan mengkilap dan panas.

Dengan melakukan rutinitas gosok poles bacan, cincin akan semakin bagus dan cepat berkilau sehingga bisa cepat ber proses.

9. Cara merawat Bacan dengan oles keringat


Cara yang satu ini, sangat ampuh memberikan bacan sensasi garam yang bisa menjadikan batu bacan cepat tua. Teknik ini sudah dipakai lebih dari pulihan tahun oleh sesepuh akik dalam merawat koleksi batu nya.

Jika sobat tertarik, berikut cara merawat nya.

Siapkan cincin bacan, lalu pakai ke mana pun sobat pergi. Jika dalam aktifitas tersebut sobat mengeluarkan keringat, ambil dengan tangan dan oles ke permukaan bacan. 

Setelah sering melakukan treatment ini, batu bacan bisa berubah warna sesuai dengan jenisnya.

10. Cara merawat Bacan dengan panas tubuh


Cara yang satu ini, bisa menjadi rujukan bagi sobat yang tidak suka atai tidak punya waktu melakukan ke 9 treatment diatas.

Walaupun sangat mudah, tapi jangan remehkan hasilnya. 

Sobat hanya perlu meletakkan bacan di bawah bantal atau sprei saat mau tidur, setelah itu panas tubuh akan melakukan proses selanjutnya.

Ternyata secara ilmiah treatment ini bisa melancarkan sirkulasi darah, karena bacan menjadi batu terapi untuk kesehatan.


Dari 10 cara merawat bacan diatas, sobat hanya perlu memilih mana yang pas untuk sobat lakukan.

Semoga bisa bermanfaat dan salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon