Jumat, 05 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat Tentang Batu Bacan Gisoro

Halo sobat goresan pemikiran, tulisan ini Saya posting karena ada seorang pecinta batu bacan yang menanyakan tentang Bacan Gisoro, apakah termasuk jenis bacan doko atau bacan palamea.

Jika bertanya dari jenis mana bacan gisoro, Saya bisa memastikan bahwa batu tersebut berasal dari jenis palamea.

Mengapa demikian? Bila dilihat dari segi warna dan serat batu, bacan gisoro memiliki kesamaan dengan palamea. serat yang pecah di dalam serta warna yang muda menjadi salah satu ciri bacan gisoro.

Bacan gisoro, lebih terlihat bening dengan tingkat kristal tinggi serta tidak mengandung kapur. Biasanya bacan jenis tersebut tidak langsung dibentuk menjadi cincin, namun dibiarkan keras dan matang secara alami di habitat aslinya.

bacan gisoro

Bacan Gisoro


Menurut penelitian, kadar mineral bacan gisoro lebih tua dibandingkan bacan doko. Karena proses alam yang membuat batu tersebut bisa memiliki tingkat kristal dan kejernihan yang cukup tinggi.

Mengenai harga bacan gisoro, tentu lebih mahal dibandingkan bacan palamea. Karena, batu benar-benar alami dan tidak melalui proses perawatan yang banyak dan biasa dilakukan para pecinta batu bacan.

Bila sobat memiliki jenis batu bacan gisoro yang sudah menjadi mata cincin, perawatan yang tepat cukup dipakai saja di jari tangan dan biarkan suhu udara serta suhu tubuh menjadikannya kristal 100%.

Selain itu, untuk merawat bahan batu bacan gisoro, cukup dibiarkan saja tergeletak di ruangan dengan suhu udara normal atau ber angin. Dengan demikian, bahan batu bisa menjalani proses secara alami tanpa bantuan bahan kimia.

Ditempat asalnya, bacan gisoro banyak dimiliki penduduk lokal pulau halmahera, mereka biasa menyimpan batu tersebut untuk dipakai sebagai sebuah cincin atau liontin besar. Namun, terkadang ada juga yang menjual nya sebagai oleh-oleh.

Semoga info singkat tentang bacan gisoro bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, salam gemslover.

Baca juga: Tips cara memilih bahan bacan gulau bagus

5 comments

Ada om Taufan Faozi, doko gisoro tua dalam posisi masih bongkahan atau kristal dan ketika di tambang, sudah bagus. Harga doko gisoro juga mahal. Semoga memberi pencerahan.

Sangat bermanfaat sekali om Deni, satu lagi om Deni kalau ada gisoro berkapur apa yang harus dilakukan? cukup mengikuti langkah yang om Deni infokan atau ada cara lain?
Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya

Terima kasih om Taufan, kalau bacan gisoro berkapur, cukup rendam dalam air oksigen ph tinggi. Nanti kapur akan hilang sendiri. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Terima kasih om Deni untuk informasinya yang sangat bermanfaat

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon