Rabu, 13 Juli 2016

Cara Merawat Bacan Hitam yang Sudah Diikat Cincin

Cara merawat bacan - Siapa yang bilang batu bacan sudah murah? Menurut survey yang Saya lakukan di pasaran, batu bacan masih menduduki tangga salah satu batu yang paling banyak dicari para pecinta akik.

Memang harga untuk bahan batu yang masih hitam mengalami penurunan yang signifikan, namun bila sudah porselen atau kristal, batu bacan masih sangat mahal harga nya.

Seperti penuturan teman penjual bacan yang memiliki kios di pasar rawa bening, minat para pecinta bacan belum surut, terlebih untuk batu yang sudah hijau atau biru dan memiliki tingkat kristal lumayan tinggi.

Jadi bila sobat memiliki batu bacan yang masih hitam dan sudah di bentuk, rawat lah dengan baik, karena seiring waktu berjalan akan semakin bagus dan kristal.

Bila ingin tahu cara mudah dalam merawat batu bacan, silahkan lihat tips di bawah ini.

batu bacan hitam

Cara Mudah Merawat Batu Bacan yang Sudah Di bentuk


Bahan-bahan:
  • Kulit
  • Minyak bayi

Caranya sebagai berikut:
  • Gosok batu bacan dengan kulit setiap hari minimal 5 menit, lalu pakai dalam aktifitas
  • Malam hari, gosok kembali selama 7 menit
  • Lalu oles dengan minyak bayi permukaan bacan secara tipis saja
  • Lakukan dengan rutin selama batu belum berubah warna

Saya sering melakukan perawatan diatas, untuk batu yang sudah dibentuk dan sudah diikat cincin. Alhasil, batu mulai berubah warna dengan alami secara bertahap dalam kurun waktu yang tidak lama.

Menurut pakar batu bacan yang Saya temui, tingkat kristal batu tersebut sangat berpengaruh dengan cara merawat yang dilakukan. Bila sering di gosok kulit, batu akan mengeras permukaan nya, dan perlahan akan timbul warna hijau dan semakin melebar.

Apakah batu bacan yang sudah diikat perlu di rendam?


Bila batu masih hitam legam dan agak kecoklatan, teknik rendam bisa dan boleh dilakukan, agar batu bisa mendapat kandungan air serta mineral yang sangat penting untuk proses porselen.

Namun patut diingat, bahwa teknik rendam jangan dibarengi dengan menjemur batu yang cukup lama. Karena, bisa mengakibatkan retak rambut serta memperlambat proses penherasan di lapisan atas batu.

Pada ulasan terdahulu, Saya pernah menyinggung tentang teknik rendam memakai air kelapa hijau, bila sobat mau memakai air kelapa hijau, pastikan batu terendam penuh dan lakukan selama 2 minggu tanpa diangkat.

Air kelapa terbukti memiliki kandungan ion serta mineral yang bagus untuk batu bacan, sehingga para sesepuh sering memakai air kelapa tersebut sebagai media rendam akik.

Setiap cara perawatan bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, akan membuah kan hasil yang baik.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon