Minggu, 24 Juli 2016

Cara Merawat Bacan Doko Dengan Air Kelapa, Bagus atau Tidak?

Salah satu pertanyaan yang mendarat dikotak komentar blog ini, adalah tentang cara merawat bacan doko dengan air kelapa. Gemslover tersebut ingin menanyakan, apakah cara yang dia lakukan itu benar dan apakah hasil nya bisa maksimal.

Berikut ini, adalah penjelasan singkat terkait pertanyaan tersebut yang bisa sobat pelajari.

Batu bacan doko adalah salah satu jenis batu bacan, yang sampai sekarang masih diminati dan memiliki harga jual tinggi, dengan catatan batu sudah tembus senter dan memiliki warna hijau.

cara merawat bacan doko

Untuk membuat bacan doko keluar warna hijau dan kristal, salah satu cara yang pernah Saya ulas adalah dengan teknik rendam air kelapa. Namun, bagaimana jika yang digunakan sebagai wadah adalah buah kelapa yang dikupas ujung nya?

Menurut pengalaman, hal tersebut tidak mengapa, asal kan bahan batu atau batu yang sudah di bentuk, cukup keras untuk menerima kandungan ion dari buah kelapa.

Baca juga: Apakah air kelapa bagus untuk batu bacan palamea

Karena jika batu belum keras, kandungan ion akan merusak dan membuat hancur batu bacan dalam tempo 3 minggu masa perendaman. Kenapa demikian, karena bacan yang masih rapuh tidak bisa menerima unsur mineral dari buah kelapa yang relatif asam, ketika dalam masa perendaman wadah tertutup rapat.

Jika sobat melakukan teknik rendam buah kelapa, pastikan terlebih dahulu batu dalam kondisi keras. Caranya bisa dengan menggoreskan batu pada sebuah ampelas dan lihat bekas goresan tersebut. Bila hitam, tanda masih rapuh. Namun, bila putih tanda sudah keras.

Apakah benar, buah kelapa mengandung asam?

Percobaan sederhana yang Saya lakukan, bisa membuktikan hal tersebut. Waktu itu, saya merendam batu yang sudah diikat ke dalam air kelapa. Lalu, dalam seminggu cincin batu berubah warna.

Dari percobaan tersebut, membuktikan air buah kelapa memiliki kandungan asam, dan kandungan asam bisa sangat bagus untuk batu bacan yang sudah keras, namun sangat tidak bagus untuk bacan yang masih rapuh dan lembek.

Kesimpulan nya, cara merawat dengan menggunakan air kelapa, bisa sangat bagus untuk bacan doko. Namun bila masih muda bacan nya, lebih baik menggunakan minyak saja.

Semoga info singkat, tentang cara merawat bacan doko dengan air kelapa, bagus atau tidak ini bisa bermanfaat. salam gemslover.

Baca juga: Cara merawat bacan hitam yang sudah diikat cincin

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon