Senin, 18 Juli 2016

Cara Menimbulkan Warna Batu Pancawarna Edong

Batu pancawarna edong, salah satu akik yang memiliki warna yang indah. Selain itu, perpaduan serta permainan warna dari batu tersebut, sering menjadi sebuah misteri. Terkadang warna yang timbul, bisa menyerupai sebuah pemandangan atau siluet angka yang antik.

Akik edong sendiri, merupakan salah satu jenis dari batu asal garut, yang mana penemu asli akik tersebut merupakan orang asli garut yang bernama abah edong.

Beberapa ahli batuan alam menyebutkan bahwa, akik edong merupakan gabungan dari mineral yang terdapat di daerah perbukitan serta memiliki tingkat kristal yang lumayan tinggi.

Untuk sobat yang memiliki batu garut edong dan ingin menimbulkan warna yang tersimpan dalam bahan batu, bisa mengikuti tips dibawah ini.

cara menimbulkan warna pancawarna edong


Cara Menimbulkan Warna Batu Pancawarna Edong


Bahan-bahan:
  • Ember
  • Air sumur
  • Garam
Caranya sebagai berikut:
  • Bersih kan bahan batu dari segala kotoran yang menempel, termasuk tanah dan lumut.
  • Biarkan kering dengan sendiri terkena angin
  • Siapkan ember
  • Masukkan garam 1 sendok makan
  • Masukkan air sumur, lalu aduk hingga garam larut
  • Biarkan sebentar selama 30 menit
  • Masukkan bahan batu Pancawarna edong
  • Rendam selama bahan batu belum di bentuk

Dengan cara merawat diatas, warna yang nberada di dalam bahan batu akan keluar dan bisa terlihat dalam 3 minggu. Namun, untuk lebih membuat nya tambah nyata, harus butuh waktu sampai 3 bulan dari waktu rendam.

Harga Batu Akik Edong

Jika melihat banyak nya pecinta batu asal garut tersebut, akik edong memiliki daya jual yang tinggi. Terlebih batu terlihat tua dan memiliki warna yang cerah.

Konon, satu cincin akik Pancawarna edong bernilai hingga jutaan rupiah, dengan spesifikasi ukuran sedang dan ikatan cincin berbahan dasar perak.

Seorang pedagang batu akik, sempat menjual batu Pancawarna edong dengan mahar Rp. 1.500.000 kepada pecinta batu pancawarna.

Untuk harga bahan batu, biasanya dijual perkilo dengan harga bervariasi, mulai 50 ribu hingga 100 ribu, tergantung kualitas bahan yang di jual.

Batu Pancawarna edong yang sempat tembus hingga ratusan juta rupiah, memiliki permainan warna yang indah serta memiliki siluet pemandangan gunung serta pedesaan. 

Menurut salah seorang kolektor batu akik, batu Pancawarna edong sama seperti lukisan mini, yang mana letak perbedaan nya terletak kepada pelukis nya. Bila lukisan di buat oleh tangan manusia, Pancawarna edong di buat oleh alam.

Semoga info singkat tentang cara menimbulkan warna batu pancawarna edong ini, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon