Sabtu, 16 Juli 2016

Cara dan Teknik Merawat Bacan Majiko

Cara merawat bacan majiko - Halo sobat goresan pemikiran, kali ini Saya akan membahas tentang salah satu jenis batu Bacan yang sangat fenomenal di tanah air, yaitu jenis bacan majiko. Batu dengan jenis ini, memiliki kekerasan yang lumayan tinggi, sehingga dapat dengan mudah dibentuk menjadi mata cincin.

Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu bacan majiko, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Bacan Majiko

Sebuah batu dengan jenis chrysoprase yang memiliki warna biru dan sangat mudah sekali mencapai tingkat kristal karena unsur mineral yang berada didalam batu tersebut, bisa dengan mudah ber proses bila terkena suhu udara luar.

Bacan majiko memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Warna cerah
  • Tingkat kekerasan tinggi
  • Tembus senter
  • Memiliki warna hitam seperti titik di bagian tertentu
  • Tidak mudah rapuh

Cara merawat batu bacan majiko

Baca juga: Cara merawat bacan hitam yang sudah diikat cincin

Bagi sebagian pecinta batu asal Ambon, bacan dengan jenis majiko bisa dengan mudah diperoleh dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis doko.

Proses pembentukan menjadi mata cincin, juga lebih gampang karena bahan batu sudah tidak rapuh. Satu hal yang saya ingat dari batu ini, titik hitam bisa dengan mudah hilang, bila batu tersebut melakukan cara perawatan yang benar.

Sekedar berbagi informasi, bagi sobat yang memiliki batu tersebut, berikut ini cara merawat bacan majiko yang masih berbentuk bahan.

Cara merawat Bacan Majiko

1. Proses Soaking

Memilih bagian bahan batu yang berkualitas sangat penting, agar bisa menjadi sebuah mata cincin yang indah. Dalam hal ini, sobat harus melihat bagian yang tidak terlalu banyak warna hitam dan kuning, untuk dijadikan pola dasar dalam membentuk.

Pilih lah bagian yang bening dan jadikan sebagai atas sebuah mata cincin. Dengan demikian, batu akan terlihat bagus bila diikat dengan cincin perak atau titanium.

2. Teknik Gosok Poles

Cara merawat setelah batu bacan majiko di bentuk adalah dengan teknik gosok menggunakan kulit, cara ini punya kelebihan yang bagus, karena dapat menghasil kan panas statis dan bisa berguna untuk proses kristal.

Cara melakukan nya pun terbilang mudah, cukup pegang batu pada tangan kiri, lalu gosok dengan tangan kanan secara perlahan. Lama nya teknik gosok ini, tergantung kekuatan tangan sobat, bisa 5 menit sampai 15 menit.

Baca juga: Cara mengetahui perbedaan bacan elektrik dan bacan gulau

Selain kedua hal diatas, pemakaian setiap hari dapat membuat bacan majiko semakin tua dan bagus. Konon cara ini sangat alami dan sering dilakukan para sesepuh batu akik untuk merawat cincin batu bacan milik nya.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon