Minggu, 10 Juli 2016

3 Cara dan Teknik Dalam Merawat Black Opal yang Sudah Terbukti

Cara merawat black opal - Batu black opal, sebuah batu asal propinsi Banten yang memiliki kilau warna jarong menarik dan indah. Banyak para pecinta batu akik sangat tertarik untuk memiliki jenis batu ini, walaupun sedikit susah dalam hal perawatan.

Kenapa Saya bilang susah dalam hal perawatan?

Karena bagi sebagian orang yang sudah tahu teknik nya, tentu sangat mudah untuk merawat batu black opal.

Berikut ini Saya ingin berbagi tips, hal yang perlu di ketahui dalam merawat black opal hingga keluar kembang jarong.


Cara merawat batu black opal

Baca juga: Akik bulu macan lumajang ulasan lengkap dan cara merawatnya

1. Bahan batu black opal

Berbicara tentang bahan batu black opal, tentu banyak yang sependapat dengan Saya, bahwa bahan yang bagus sangat menentukan dalam hal perawatan.

Banyak pecinta black opal salah memilih bahan batu, sehingga walaupun sudah fi rawat secara maksimal, hasil yang didapat tidak sesuai dengab harapan.

Pilih lah bahan yang memiliki bibit jarong yang banyak, baik didalam maupun diluar bahan batu, agar proses jarong semakin besar berhasil ketimbang gagal.

2. Cara perawatan yang digunakan

Salah satu unsur yang tak kalah penting dari merawat black opal adalah teknik atau cara yang digunakan, sobat harus bisa memilih dari berbagai cara yang banyak di ulas dalam blog ini. 

Sebagai contoh adalah teknik rendam, cara ini bisa dan sering dilakukan oleh pecinta black opal karena terbilang cukup mudah. 

3. Cairan yang digunakan

Sobat bisa memilih cairan untuk merawat black opal, mulai dari minyak bayi, minyak zaitun, minyak kayu putih, bahkan Saya dengar ada yang menggunakan minyak gosok sebagai media nya.

Selain cairan minyak diatas, media seperti air hujan, air ac, air sumur, air oksigen, juga bisa digunakan. Tentu nya harus dengan takaran yang tepat, agar bisa berhasil dalam proses nya.

Bagi sobat yang ingin tahu ciri-ciri bahan batu black opal yang bagus, bisa di lihat disini.

Baca juga: Ciri-Ciri bahan black opal berkualitas super

Teknik Merawat Black Opal

Dari banyak nya cara yang beredar, pasti memiliki ke tiga unsur diatas. Walaupun sobat menggunakan teknik pemanasan dengan sinar matahari, pasti menggunakan media minyak atau air.

Saya pribadi tidak menjamin semua cara berhasil untuk menimbul kan jarong, karena tergantung bahan yang di pilih dan faktor keberuntungan. Namun, tidak ada salah nya untuk di coba.

Baca juga: Cara merawat warna batu zamrud agar menjadi tua dan bagus

Semoga info singkat tentang black opal ini, bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam gemslover.

4 comments

bang kl perendaman dgn minyak kayu putih apakah perlu d rendam lg, brp lm dr perendaman pertama, untuk pasir pantai yg bagus yg hitam atau yg putih pasirnya???

Kalau minyak kayu putih, tidak usah rendam lagi, cukup oles jemur gan yudras. Pasir putih yang bagus,karena banyak mengandung silika.

maksudnya minyak kayu putih murni dari ambon bang

Kalau minyak ambon boleh rendam gan yudras, biasanya seminggu juga sudah ada hasilnya.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon