Kamis, 02 Juni 2016

Ciri-Ciri Batu Akik Bagus dan Mahal yang Menjadi Incaran Kolektor

Ciri-Ciri batu akik bagus dan mahal incaran kolektor - Hobi batu akik siapa bilang tidak ada untungnya, bagi mereka yang sudah lama terjun pasti mengalami dan merasakan untung rugi dalam hobi yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

Dari jaman penjajahan sampai jaman reformasi sekarang ini, hobi batu akik tidak pernah mengalami kepunahan. Mungkin, karena banyak masyarakat beranggapan bahwa batu akik merupakan sebuah batu yang memiliki khasiat serta punya nilai jual.

Bagi sobat yang memang terus mengikuti perkembangan batu akik, mulai heboh batu bacan sampai menurunnya trend tersebut pasti memiliki sebuah cincin yang bermata akik, walaupun hanya 1 buah.

Untuk itu kali ini Saya ingin mengajak sobat untuk mengetahui ciri-ciri batu akik bagus yang menjadi incaran para kolektor.

ciri-ciri batu akik bagus

Ciri-Ciri Batu Akik Bagus dan Mahal Incaran Kolektor


1. Memiliki bentuk sempurna

Bentuk yang sempurna merupakan salah satu ciri akik yang bagus, dalam hal ini meliputi bentuk secara keseluruhan, licin dan rata serta dapat terlihat anggun. Oleh sebab itu, pilih tukang gosok yang profesional agar bisa membentuk secara sempurna dan tidak cacat atau paud.

2. Tingkat kristal cukup tinggi

Tingkat kristal merupakan proses sebuah akik agar dapat dibilang bagus, kristal itu meliputi permukaan yang seperti kaca atau porselen serta tidak mudah rapuh. Untuk bisa menjadi kristal, batu akik memerlukan proses yang lama. Namun berkat banyaknya cara perawatan, akik bisa lebih cepat menjadi keras.

3. Permukaan halus

Banyak yang setuju bila Saya mengatakan, bahwa permukaan batu yang halus merupakan salah satu ciri akik yang bagus, mahal dan menjadi incaran kolektor.

Mengapa demikian, karena tidak mungkin seseorang bisa mengeluarkan uang hingga puluhan juta bila batu tersebut tidak memiliki permukaan yang halus dan licin.

Baca juga: 4 jenis batu kecubung yang banyak diburu kolektor

4. Warna yang indah

Satu lagi yang tak kalah penting adalah warna yang indah, batu akik yang bagus harus memiliki warna yang dominan serta indah, bila batu mempunyai lebih dari satu warna, tampilannya juga harus serasi dan menyatu antara satu warna dengann lainnya.

Sebagai contoh adalah batu akik pancawarna, memiliki 5 warna yang indah dan serasi hingga tak jarang membentuk sebuah gambar atau sebuah pemandangan.

5. Serat tidak berantakan

Untuk yang terakhir, saya rasa lebih kepada pribadi masing-masing. Karena, setiap orang memiliki ukuran tersendiri terhadap serat sebuah batu akik. Walaupun banyak yang bilang bahwa serat tersebut kurang bagus, namun yang memiliki suka terhadap cincin batu akik nya, pasti akan mengatakan bagus.

Dari kelima ciri-ciri diatas, bisa kita simpul kan bahwa sebuah batu akik yang bagus pasti memiliki kriteria tersebut. Namun, khusus akik yang memiliki khasiat atau tuah, ciri diatas tidak berlaku. Sebab yang dilihat hanya khasiat dari batu tersebut.

Semoga info singkat yang bertajuk ciri-ciri batu akik bagus dan mahal yang menjadi incaran kolektor ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam gemlovers.

Baca juga: Mengenal batu akik lumut merah dan cara perawatannya

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon