Sabtu, 04 Juni 2016

Cara Merawat Batu Kuning Garut agar Kristal

Cara merawat batu kuning Garut - Halo sobat goresan pemikiran, batu akik asal kabupaten Garut memang indah dan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak sama dengan akik lainnya. Seperti contoh gambar dibawah ini, batu akik Garut kuning dengan tingkat kejernihan yang bagus.

Awal mula bahan mulai terbentuk, batu tersebut belum jernih dan bening. Namun dengan sedikit sentuhan perawatan, batu bisa menjadi bagus hanya dalam hitungan minggu dan bulan. Cara merawat yang digunakan, juga relatif sederhana dan mudah dilakukan siapa saja.

Ingin tahu bagaimana cara merawat batu Garut kuning, simak ulasan yang Saya dapat dari sesepuh batu asal Garut dibawah ini.

cara merawat batu kuning garut

Cara Merawat Batu Akik Garut Kuning Agar Kristal

Bahan-bahan:
  • Kelapa muda
  • Tisu halus

Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan kelapa muda, agar lebih bagus beli langsung ke pedagang kelapa yang sudah sobat kenal
  • Belah kelapa bagian atasnya, agar terlihat bagian dalamnya
  • Masukkan batu Garut kuning ke dalam buah kelapa tersebut
  • Tutup kembali dengan batok kelapa
  • Simpan selama 2 sampai 4 minggu
  • Buka dan lihat hasilnya

Mudah buka cara merawat batu kuning Garut agar kristal, cara tersebut sering dilakukan oleh sesepuh batu Garut untuk memperoleh hasil batu yang bening dan indah. 

Bila sobat tidak mau menggunakan batok kelapa sebagai wadah nya, cukup tuang air kelapa ke dalam gelas, lalu masukkan batu dan tutup rapat. Kemudian buka ketika sudah mencapai 2 minggu masa rendam.

Lama proses rendam, tergantung tingkat kristal bahan batu yang digunakan. Bila batu sudah semi kristal, cukup rendam selama 2 minggu saja.

Apakah cara merawat cara merawat air kelapa bisa digunakan untuk batu akik lain?

Tentu bisa, asalkan batu tersebut sudah dibentuk dan siap naik ring. Untuk batu akik lain seperti bacan atau kalimaya, cara diatas bisa membuat batu tembus cahaya bila disorot lampu senter.

Batu Garut kuning memang mirip dengan batu sabun asal Bogor, namun dari segi serat sangat berbeda kualitasnya. Batu Garut lebih dominan ke jenis kalsedon sedangkan batu sabun bogor lebih mengarah ke jenis akik atau agate.

Buat sobat yang tinggal di luar negeri, batu ini sangat cocok dijadikan aksesoris di jari tangan, karena warnanya yang cerah dan konon bisa membuat pemilik batu terlihat ganteng.

Adapun jenis lain dari batu asal daerah Garut adalah, bungbulang, ohen, edong yang memiliki ciri serta warna yang berbeda. Untuk cara merawat batu Garut dengan warna hijau, bisa dilihat disini
Cara merawat batu hijau garut agar kristal

Sebelum trend batu akik meluas hingga ke penjuru nusantara, batu Garut sudah banyak disukai dan memiliki penggemar yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera. Mereka menyukai jenis batu ini, karena warna yang natural dan tembus bila di senter cahaya.

Komunitas batu akik Garut dapat dengan mudah ditemukan di berbagai media sosial, seperti google plus, facebook, twitter. Sobat bisa ber bagi pengalaman dalam merawat batu tersebut dan melakukan transaksi jual beli atau barter dengan anggota yang memiliki hobi batu yang sama.

Semoga info singkat yang bertajuk cara merawat batu kuning Garut agar kristal bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, salam gemlovers.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon