Selasa, 17 Mei 2016

Tips Mudah Bikin Kalimaya Jarong Dengan Cepat

Tags

Batu kalimaya akan dikatakan bagus bila memiliki kilau jarong yang sempurna, namun untuk mewujudkan hal tersebut jarang sekali bisa dilakukan karena karakteristik batu yang susah ditebak. Sebagai contoh, bila sobat menerapkan cara merawat menggunakan minyak dan berhasil untuk batu jenis kalimaya teh, belum tentu cara yang sama akan berhasil untuk jenis kalimaya susu. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara yang benar-benar bisa untuk semua jenis kalimaya.

Setelah melakukan analisa dari berbagai cara merawat kalimaya, akhirnya saya mempunyai kesimpulan, bahwa batu kalimaya bisa timbul jarong dengan cepat bila awal bahan memiliki kandungan getah bening yang banyak.

Bagaimana cara cek getah bening batu kalimaya? Sebenarnya cukup mudah, sobat cukup menggunakan senter dan melihat batu dengan cara disorot, bila terlihat seperti ada minyak didalam batu, itu bertanda akan jarong. Namun bila tidak, silahkan cari bahan yang lain saja.

kalimaya jarong dengan cepat

Mengenai cara merawat batu kalimaya yang sudah memiliki kandungan minyak yang banyak, ada dua hal yang harus sobat pahami terlebih dahulu.

  1. Menggunakan minyak sebagai bahan dalam perawatan
  2. Menggunakan air 
Kalau saya pribadi lebih menyarankan menggunakan air sebagai bahan rendaman, karena sifat air yang netral mampu memberikan kilau jarong yang alami. Berbeda dengan rendam minyak yang bersifat sedikit keras dan hanya bisa untuk bahan batu yang belum memiliki kandungan minyak didalam daging.

Bila sobat tertarik menggunakan air sebagai metode rendam batu kalimaya, berikut ini cara yang biasa Saya lakukan.

Baca juga: cara menyimpan batu kalimaya agar selalu jarong

Tips Mudah Bikin Kalimaya Jarong

Bahan-bahan:
  • Air ph 9
  • Wadah
Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan wadah, lalu rendam dengan air sumur selam 1 hari agar bersih
  • Angkat dan keringkan dengan tisu
  • Masukkan air ph 9
  • Biarkan selama 1 jam
  • Setelah 1 jam, masukkan batu kalimaya
  • Rendam selama kurang lebih 1 bulan tanpa di jemur

Dengan teknik rendam air ph tinggi, batu kalimaya akan menerima asupan mineral yang cukup sehingga bisa membuat jarong timbul lebih cepat dari biasanya. Mengenai cepat atau tidaknya timbul jarong kalimaya, tergantung dari bahan yang dimiliki.

Semoga info singkat tentang tips mudah bikin kalimaya jarong dengan cepat bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pecinta batu kalimaya. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon