Senin, 02 Mei 2016

Jemur Bacan Seharian Boleh atau Tidak

Batu bacan - Halo sahabat goresan pemikiran, kali ini Saya ingin mengulas tentang boleh tidak menjemur batu bacan selama seharian. Hal ini saya ungkapkan di sini karena banyak sekali yang menanyakan kepada saya tentang teknik jemur yang benar.

Bagi sobat pecinta batu bacan pasti sudah mengetahui, bahwa batu ini bisa berubah sesuai dengan suhu udara, namun tidak seharusnya batu tersebut di jemur selama 1 hari. Alih-alih mendapat kan batu bacan yang bagus, malah menjadi tak karuan hasilnya.

Berikut ini efek yang nyata, bila sobat melakukan teknik jemur dari pagi sampai sore atau selama 1 hari.

batu bacan

Efek Buruk Dari Jemur Bacan Seharian


  1. Berakibat retak rambut di permukaan batu 
  2. Warna hijau menjadi pucat
  3. Timbul kabut di permukaan
  4. Unsur warna menjadi mati
  5. Kandungan kapur melebar

Dari beberapa efek buruk yang disebutkan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebenarnya, batu bacan tidak bisa menerima panas berlebih. Namun, membutuhkan panas yang stabil, oleh karena itu ada baiknya sobat pertimbangkan teknik jemur satu hari tersebut.

Jadi sebenarnya bagaimana cara jemur yang bagus?

Beberapa pakar batu akik yang saya kenal menyarankan, teknik jemur pada pagi hari terhitung jam 08.00 pagi sampai maksimal jam 10.00 pagi. masih menurut pengakuan beliau, sinar matahari di pagi hari masih belum terlalu panas dan masih mengandung vitamin D yang bagus untuk perkembangan batu bacan.

Bila bacan sudah diikat cincin, lebih baik dipakai di jari saja ketimbang harus di jemur. Namun, dalam 1 minggu batu harus di jemur minimal 1 jam saja. Hal ini agar batu memperoleh suplai hawa panas yang akan bereaksi dengan proses warna.

Kesimpulan dari ulasan diatas adalah, bacan tidak boleh di jemur satu hari penuh, namun tetap butuh panas.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat setia blog goresan pemikiran. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon