Kamis, 05 Mei 2016

Inilah Cara Merawat Bahan Batu Kalimaya Kristal yang Ampuh

Tags

Halo sobat goresan pemikiran, sebuah bahan batu kalimaya yang masih berbentuk bongkahan, sangat potensial untuk bisa dijadikan sebuah batu cincin yang bagus. Karena, dari situ kita bisa memilih mana bahan yang betul-betul kristal dan mana bahan yang masih membutuhkan perawatan.

Proses awal cara merawat bahan kalimaya yang kristal sebenarnya cukup mudah, sobat hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

Bahan:

  • Siapkan wadah 
  • Air mineral 

Caranya sebagai berikut:

  • Bersihkan wadah dari kotoran 
  • Masukkan air mineral 
  • Masukkan bahan batu kalimaya kristal 
  • Rendam selama bahan belum dibentuk menjadi batu cincin


Warna hijau dari bahan batu kalimaya, menunjukkan bahwa batu tersebut dihinggapi oleh lumut yang biasa ada di dasar sungai. Lumut itu sendiri, berguna untuk membuat warna kalimaya semakin bervariasi.

cara merawat bahan kalimaya kristal


Proses awal treatment sebenarnya hanya menggunakan air biasa, tidak perlu tambahan bahan seperti garam maupun zat-zat lainnya, karena bahan masih bersifat natural. Biasanya, dalam satu bulan warna kalimaya akan berangsur berubah menjadi bening, dan dari situ sobat bisa memilih bagian mana yang sudah layak dibentuk dan bagian mana yang belum.

Pasaran batu kalimaya dalam dunia perbatuan Indonesia, masih menunjukkan taringnya. Harga batu dengan ukuran kecil masih diatas Rp200.000, Sedangkan untuk ukuran sedang yang sudah mempunyai jarong full bisa di atas Rp500.000. Itupun belum termasuk ikatan cincin, bila ikatan terbuat dari perak akan menambah nilai jual dari batu kalimaya.

Bagi sobat pemilik cincin batu kalimaya dan merasa jarong belum timbul secara maksimal, lakukan cara perawatan dengan cara dijemur namun harus jangan terlalu lama karena bisa membuat batu menjadi retak.

Beberapa pakar Kalimaya yang pernah saya temui mengatakan, batu ini cenderung lebih stabil baik dari segi harga maupun pasarannya, karena warna yang menarik menjadi salah satu senjata ampuh batu tersebut dalam menarik pembeli. Masih dalam perbincangan yang sama antara saya dengan pakar kalimaya, Saya melihat beliau menjual satu buah cincin kalimaya dengan harga diatas 1 juta rupiah kepada seorang pembeli yang sangat ingin memiliki cincin tersebut.

Kesimpulan dalam merawat bahan batu kalimaya kristal adalah menggunakan air bersih, dalam hal ini Saya mengunakan air mineral kemasan botol, yang mana masih terjaga kebersihan nya. Namun, bila sobat memiliki air mineral dalam galon, itu juga bisa digunakan.

Semoga info singkat tentang cara merawat bahan batu kalimaya kristal ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca setia blog ini, salam gemslover.

Baca juga: Batu kalimaya di rendam oli, apa jadinya

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon