Minggu, 22 Mei 2016

Cara Merawat Batu Lavender Buat Kontes Batu Akik

Halo sobat goresan pemikiran, dalam beberapa hari menjelang kontes batu akik yang diselenggarakan di sebuah tempat di jakarta, Saya sempat berbicara dengan seorang peserta  yang lulus kualifikasi dan masuk babak selanjutnya.

Beliau membawa sebuah batu akik lavender, dengan tingkat kristal tinggi dan sudah bening serta permukaan batu mengkilap. Cincin batu lavender tersebut hendak diikut sertakan karena sudah memiliki syarat yang cukup untuk sebuah batu akik kontes.

Sebagai catatan untuk sobat yang belum mengetahui apa itu batu lavender, batu tersebut adalah batu asal pulau sumatra yang mana warna batu tersebut sama dengan namanya yaitu lavender.

Memiliki tingkat kristal yang lumayan tinggi sekitar 7 skala mohs dan termasuk ke dalam jenis batu kalsedon. Serat yang ada di dalam batu juga nampak alami, seperti sebuah cangkang kura-kura yang berbentuk kotak.

Sebelum terjun ke acara kontes batu akik tersebut, beliau sempat melakukan perawatan yang menurut Saya sangat simpel dan mudah dilakukan siapa saja. Namun, hasil yang didapat cukup bagus karena bisa terlihat langsung ketika batu lavender tersebut naik ring dan berbalut ikatan perak.

Baca juga: Cara merawat cincin batu kalimaya agar menjadi tua

cara merawat batu lavender kontes

Penasaran dengan apa saja yang dilakukan oleh si empunya batu, simak tips nya dibawah ini.

Cara Merawat Batu Lavender Buat Kontes Batu Akik


Bahan yang diperlukan:

  • Kertas intan
  • Serbuk intan
  • Minyak bayi

Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan kertas intan bagian halus
  • Tuangkan minyak bayi, lalu tuangkan serbuk intan
  • Aduk secara perlahan dan biarkan selama 5 sampai 10 menit
  • Gosok secara perlahan batu satu arah saja di permukaan
  • Setelah kertas sudah benar-benar meresap dengan minyak dan serbuk intan, gosok terus selama kurang lebih 30 menit
  • lakukan setiap waktu sesering mungkin


Hasil yang didapat dari cara merawat batu lavender diatas, batu akan semakin berkilau dan bening dan bisa memperjelas serat yang ada didalam batu tersebut. Bila dilakuka selama satu bulan penuh, batu akan benar-benar sempurna tampilannya, baaik secara fisik maupun serat yang ada.

Bagi sobat yang memiliki batu lavender dengan serat yang bagus dan tidak cacat, dalam artian tidak bertabrakan, bisa mengikuti teknik cara merawat diatas. Namun hasil yang didapat tergantung dari ketekunan sobat dalam melakukan teknik gosok tersebut.

Harga batu levender yang sudah pernah ikut kontes walaupun tidak menang, bisa mencapai jutaan rupiah dan yang lebih menarik lagi, batu akan dikenal oleh hampir seluruh peserta dan penonton yang kebanyakan diatara mereka adlah kolektor batu akik di tanah air ini.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca setia blog ini, salam gemslover.

Baca juga: cara merawat batu akik gambar agar laku mahal

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon