Senin, 16 Mei 2016

Cara Menyimpan Batu Kalimaya Agar Selalu Jarong

Tags

Halo sobat goresan pemikiran, masih suka dengan batu akik, khususnya batu kalimaya? Berikut ini Saya akan ulas salah satu teknik yang jarang sekali atau sering dilupakan oleh sebagian pecinta batu tersebut yaitu cara menyimpan batu kalimaya agar selalu jarong.

Salah satu cara atau teknik untuk merawat batu kalimaya, adalah tempat penyimpanan. Kenapa demikian, karena menyimpan batu dengan benar bisa membuat keajaiban yang tidak terduga. Seperti timbul jarong dengan sendirinya, serta membuat batu memiliki performa yang bagus.

Jadi, bila sobat termasuk pecinta batu kalimaya dan memiliki batu tersebut hingga beberapa buah, harus memperhatikan teknik menyimpan ini agar batu yang dimiliki bisa ber proses sendiri dan lebih terlihat natural. Berikut ini adalah cara menyimpan batu kalimaya agar selalu jarong.

cara menyimpan batu kalimaya

Cara Menyimpan Batu Kalimaya


Bahan yang diperlukan:
  • Wadah yang memiliki tutup
  • Air mineral atau air oksigen
  • Busa yang bisa menyerap air
Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan wadah, bersihkan dengan menggunakan tisu halus
  • Letakkan busa didalam wadah
  • Masukkan air mineral atau air oksigen, lalu biarkan menyerap sebentar
  • Masukkan batu kalimaya, lalu tutup rapat tempat menyimpan batu tersebut
  • Simpan didalam lemari atau tempat yang tidak lembab
Dengan teknik cara menyimpan batu kalimaya diatas, batu akan selalu terjaga kandungan airnya dan bisa membentuk lapisan jarong yang lebih bagus serta bisa melebarkan jarong yang kecil. Permainan warna juga bisa lebih menarik dengan menyimpan menggunakan cara yang Saya sebutkan diatas.

Beberapa sesepuh kalimaya berpendapat, bahwa 20% keberhasilan dalam membuat jarong batu tersebut adalah dari segi penyimpanan yang benar. Bila dengan cara merawat jemur dan lain sebagainya hanya menimbulkan jarong, menyimpan yang benar bisa mempertahankan jarong agar tidak hilang.

Untuk jenis kalimaya susu dan teh, cara menyimpan yang benar juga sangat berpengaruh dalam tampilan batu saat akan diikat maupun saat akan dikenakan di jari tangan. Karena, warna yang bening bisa lebih jelas lagi terlihat.

Harga batu kalimaya yang memiliki tampilan bagus dan permukaan yang bening bisa mencapai jutaan rupiah dengan ukuran sedang dan emban cincin yang terbuat dari perak. Saya pun sempat kaget, ketika melihat salah satu toko online yang menawarkan batu kalimaya dengan harga yang lumayan tinggi, ternyata mereka menjual kalimaya yang benar-benar berkualitas dan tidak sembarangan.

Oleh sebab itu, bila sobat memiliki batu kalimaya dengan jenis apapun, ada baiknya terus dijaga dan dirawat terutama dalam hal menyimpan yang benar.

Semoga info singkat tentang cara menyimpan batu kalimaya bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca setia blog ini. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon