Selasa, 19 April 2016

Tips Berburu Bahan Batu Akik di Tempat Bekas Galian Rumah

Bahan batu akik - Halo sobat goresan pemikiran, berburu bahan batu akik merupakan sebuah kegiatan yang menurut Saya pribadi adalah menyenangkan. Kenapa demikian, karena perbuatan tersebut hampir memiliki sebuah kesamaan dengan seorang arkeolog yang mencari fosil atau benda-benda bersejarah.

Berbekal dengan alat seadanya, seperti cangkul, senter dan ember air, Saya merasa seperti seorang indiana jones yang ada di film. Satu hal lagi yang menarik dalam kegiatan ini adalah kita bisa saling mengenal dengan teman sesama pecinta batu akik, yang mana jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu di Indonesia saja, belum lagi sampai ke mancanegara.

Sesuai judul diatas, kali ini Saya akan sedikit berbagi cerita tentang berburu bahan batu akik ditempat bekas galian rumah. Seperti kita ketahui, rumah jaman dahulu sering menggunakan batu kali sebagai pondasi bawah. Batu-batu tersebut didatangkan dari berbagai sungai, yang mana dari tempat tersebutlah bahan batu akik sering sekali kita jumpai dalam kondisi yang sudah kristal.


berburu bahan batu akik

Seperti temuan Saya bersama rekan dalam menggali bahan batu akik di sebuah bekas rumah tua, ternyata memiliki kandungan warna dan serat yang menarik dan unik. Warna yang ditampilkan juga sudah mencapai level sempurna dan hanya perlu gosok poles secara sederhana.

Sobat pasti sudah pernah mendengar tentang cerita ditemukannya bahan batu akik pada sebuah galian di daerah jakarta selatan, yang konon sebelum dijual kepada pemda, pernah ditempati oleh seorang warga yang memiliki pondasi rumah terbuat dari batu kali. Berbagai bahan batu akik ditemukan disana, mulai kalimaya, pancawarna bahkan batu sekelas kalsedon.

Untuk itu, bagi sobat yang ingin mencoba berburu bahan batu akik ditempat bekas galian, tips dibawah ini mungkin berguna.

  • Siapkan alat pendukung seperti pacul, linggis, ember dan senter
  • Tentukan lokasi perburuan, usahakan mencari ditempat yang memiliki potensi bahan batu akik, seperti rumah, rawa, empang
  • Mintalah izin kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini bisa mandor atau satpam penjaga tempat tersebut
  • Ajak teman sesama pecinta batu akik agar lebih seru 

Dari tips diatas, sobat sudah siap melakukan perburuan bahan batu akik. Perlu diingat, kadang dalam perburuan tersebut sobat bisa mendapat bahan yang sangat bagus dan kadang juga tidak mendapat apa-apa.

Seperti yang Saya dan teman lakukan beberapa waktu yang lalu, hanya mendapat bongkahan kecil bahan batu yang berwarna biru.

Semoga apa yang Saya tulis ini bisa bermanfaat sebagai wawasan dan bermanfaat. Salam gemslover.


Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon