Rabu, 27 April 2016

Batu Kalimaya Di jemur Boleh atau Tidak

Tags

Halo sobat goresan pemikiran, salah satu batu yang sedang menjadi trend kali ini adalah kalimaya. Banyak sekali yang memiliki batu tersebut, namun belum mengetahui cara yang bagus dalam merawat nya. Mengenai mitos boleh atau tidak batu kalimaya di jemur, berikut ini adalah ulasan singkat nya.

Sebelum mengulas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu unsur yang ada di dalam batu kalimaya. Batu asal sungai maja ini, terdiri dari unsur mineral yang bercampur dengan air hingga mencapai 60%. Oleh sebab itu, jika batu tersebut kering, bisa menyebabkan retak halus sampai pecah di seluruh permukaan batu nya.

Bagaimana mitos yang mengatakan batu kalimaya boleh di jemur? sebenarnya penjemuran boleh dan bisa dilakukan, asal memiliki porsi yang tepat untuk batu tersebut. Hal ini berhubungan erat dengan unsur air yang ada di dalamnya, bila terlalu lama menjemur air akan menguap dan batu akan menjadi kering.

batu kalimaya di jemur

Batu Kalimaya Di jemur Boleh atau Tidak


Bagi sobat yang memiliki batu kalimaya, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menjemur batu secara lama. Karena, menurut survey yang saya lakukan, panas matahari yang cocok untuk batu tersebut antara pukul 07.00 sampai pukul 10.00 pagi.

Bagaimana dengan batu kalimaya yang sudah diikat cincin? Untuk batu tersebut, boleh melakukan teknik jemur dan boeh juga tidak. Karena panas dari tubuh bisa memberikan rangsangan terhadap batu. Namun, bila jarong yang timbul hanya sebagian, teknik jemur bisa dilakukan terhadap sisi batu yang belum jarong dan sekali lagi Saya ingatkan waktu yang bagus untuk menjemur adalah pagi hari.

Untuk jenis batu kalimaya teh, teknik jemur sangat saya rekomendasikan, karena saya sudah pernah membuktikan sendiri dan hasilnya sungguh luar biasa, jarong keluar dengan banyak dan hampir di seluruh permukaan batu.

Jadi,mitos tentang boleh atau tidak batu kalimaya dijemur, saya katakan boleh. Namun, harus ada syarat dan ketentuan yang berlaku, agar batu tidak pecah dan kering saat dijemur dan hasilnya bisa bagus dan memuaskan.

Berhubung batu kalimaya yang banyak beredar mempunyai ukuran yang kecil,bila sobat memutuskan untuk menjemur, gunakan wadah yang sedikit berat seperti piring agar batu tidak jatuh dan jangan lupa mengoleskan minyak di piring agar menjadi lengket serta batu tidak goyang terkena angin.

Semoga ulasan singkat tentang batu kalimaya di jemur boleh atau tidak bisa bermanfaat dan menjadi wawasan untuk kita semua, salam gemslover.

Baca juga: cara cepat membuat merah batu red baron

2 comments

klo kalimaya teh jemurnya pake air apa pake minyak bang.

Sebaiknya pakai air bang samsudin. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon